Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akses jalan utama menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) siap digunakan. Nantinya, waktu tempuh yang diperlukan hanya 1-1,5 jam dari Bandara Sepinggan Balikpapan menuju IKN.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga mengungkapkan, pihaknya telah mengidentifikasi aksesibilitas mulai dari Bandara Sepinggan sampai ke Bundaran Sumbu Kebangsaan Barat IKN.

Pembenahan berbagai jalan nasional sedang dilakukan. Salah satunya di kawasan Kariangau yang kini tengah diaspal dan ditarget selesai pada Minggu, 28 Juli.

"Perapihan jalan nasional sudah mulai, kami lebarin, bersihin dan aspal dengan target selesai pada hari Minggu. Insyaallah, konektivitas dari Bandara Balikpapan menuju IKN, alternatifnya ini sudah (siap digunakan)," ujar Danis saat ditemui di kantor Kementerian PUPR, Jumat, 26 Juli.

Danis menjelaskan, sejumlah tol dibuka fungsional untuk Upacara 17 Agustus di IKN. Dari Tol Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau (13,4 km), Tol Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung (7,3 km) sampai Tol Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang (6,67 km). Dia menyebut, rata-rata penyelesaian proyek kini telah mencapai 90 persen.

"Ini mungkin (data) empat hari yang lalu. Intinya (akses tol) sudah siap, ya," katanya.

Dia menambahkan, berbagai akses ini bisa digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam waktu dekat, Jokowi berencana mengecek proyek tersebut.

"Rencananya, Pak Jokowi bakal ngecek hari Senin," ucap Danis.

Dengan rampungnya berbagai akses tol serta jalan nasional menuju IKN, Danis menyebut, hanya perlu waktu 1-1,5 jam dari Bandara Sepinggan untuk tiba di IKN.

"(Jalan) alternatifnya ini sudah. Insyaallah sekitar 1,5 jam, kalau lewat jalan lama, kan, hampir 2,5 jam," pungkasnya.