Carlos Pena Puji Performa 2 Pemain Jebolan Timnas U-16 di Piala Presiden 2024

JAKARTA - Pelatih Persija Jakarta, Carlos Pena, memuji penampilan Muhamad Zahaby Gholy dan Aditya Warman saat membela tim di laga perdana Grup B Piala Presiden 2024. Ia mengaku puas dengan performa dua nama jebolan Timnas Indonesia U-16 itu.

Persija Jakarta tampil menghadapi Madura United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pada Minggu, 21 Juli 2024, malam WIB. Pada laga itu Gholy dan Aditya menjalani debut sebagai penggawa Macan Kemayoran dan sukses membawa tim menang 2-1.

Gholy dan Aditya Warman berstatus sebagai pemain pengganti. Carlos Pena menurunkan mereka pada babak kedua. Saat keduanya dimasukkan, Persija telah menggenggam keunggulan 2-1 atas Madura yang bertahan sampai akhir permainan.

Melihat performa dua pemain muda itu di lapangan, Carlos Pena menyebut bahwa Gholy dan Aditya memang layak mendapat kesempatan.

"Mereka membantu tim untuk mempertahankan hasil dan saya suka bekerja dengan para pemain muda," kata Carlos Pena pada konferensi pers seusai pertandingan dikutip pada Senin, 22 Juli 2024.

"Mereka layak dimainkan. Mereka berlatih pada pekan lalu, maka mereka memiliki peluang. Mereka memiliki kesempatan. Mereka membantu tim. Selamat untuk mereka," tuturnya lagi.

Gholy sebelumnya sempat mencuri perhatian pecinta sepak bola nasional saat memperkuat Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 pada awal Juli 2024. Ia bahkan dinobatkan sebagai Pemain Terbaik ajang tersebut.

Sementara Aditya Warman sebelumnya merupakan pemain Persija U-20 sejak 2023. Baru pada musim ini dipromosikan ke tim utama Macan Kemayoran.

Pada pertandingan melawan Madura United, Carlos memainkan hampir semua pemain pengganti yang dibawanya. Hanya Muhammad Alwi Fadilah, Jehan Pahlevi, Aji Kusuma, dan kiper Cahya Supriyadi yang tidak dimainkan.

Selain Gholy dan Aditya Warman, pemain-pemain pengganti lain seperti Rio Fahmi, Ramon Bueno, Maciej Gajos, Akbar Arjunsyah, Gustavo Almeida, dan Witan Sulaeman diberi kesempatan bermain pada babak kedua.

Carlos menilai hal itu dilakukannya untuk menguji mayoritas pemain yang dibawanya ke Bali, sekaligus sebagai pencegahan risiko cedera.

"Kami memainkan tiga pertandingan dalam durasi yang singkat, ada risiko cedera. Kami perlu memaksimalkan semua skuad."

"Saya sangat senang dengan para pemain inti dan para pemain pengganti karena mereka memiliki dampak besar di permainan. Sehingga, kami dapat bangkit pada babak kedua," tutur Carlos.

"Ini akan menjadi turnamen di mana kami memainkan semuanya. Maka, sebelum pertandingan saya merasa ini merupakan kesempatan yang bagus untuk semua pemain yang kami miliki," ujar pelatih asal Spanyol itu.

Setelah mengantongi kemenangan di laga perdana, selanjutnya Persija akan menantang Arema FC pada Rabu, 24 Juli 2024. Sementara Madura United akan meladeni tuan rumah Bali United pada hari yang sama.