Playoff IBL 2024: Pelita Jaya ke Semifinal, Dewa United Harus Lalui Gim Ketiga

JAKARTA - Gim kedua Playoff IBL 2024 tersaji pada Sabtu, 20 Juli 2024. Dewa United menghadapi Borneo Hornbills di Dewa United Arena, sementara Pelita Jaya menjamu Bali United di Indoor Stadium SC.

Dewa United Banten berhasil membalas kekalahan dari Borneo Hornbills sehingga menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Tampil di rumah sendiri, Anak Dewa sukses menyegel kemenangan atas Borneo Hornbills dengan skor 98-76.

Tampil dengan starting five Hardianus Lakudu, Jordan Adams, Tavario Miller, Kaleb Ramot Gemilang, dan Lester Prosper, Dewa United tampil trengginas.

Mereka unggul jauh di kuarter pertama dengan skor 29-4. Anak asuh Pablo Favarel bermain konsisten di tiga kuarter berikutnya dan tak membiarkan Borneo menyamakan kedudukan.

Pertahanan Dewa United sempat longgar sehingga kuarter kedua Borneo Hornbills mampu mencetak 27 angka. Meski demikian, Anak Dewa tetap masih memimpin 46-31.

Pertarungan sengit baru tersaji di kuarter ketiga, setelah kedua tim mengantongi poin imbang 26-26. Namun Dewa United masih unggul total poin 72-57 atas Borneo.

Favarel kemudian menyuntikkan motivasi di kuarter terakhir. Kolektivitas permainan Dewa United di kuarter keempat lebih baik.

Organisasi pertahanan dan penyerangan berjalan apik. Aksi Tavario Miller serta three point Kaleb Ramot menutup laga dengan kemenangan 98-76.

Kaleb pun terpilih menjadi Player of the Game di pertandingan ini dengan mengantongi 30 poin, tiga rebound, dan empat assist.

"Tidak ada persiapan apa-apa, teman-teman ekesekusinya bagus, jadi saya dapet open play. Di gim kedua ini bukan lagi soal taktik, tapi soal energi. Kami tidak boleh kalah energi dengan mereka," ujar Kaleb selepas laga.

Hasil ini membuat kedua tim harus menjalani gim ketiga yang dimainkan di Dewa United Arena pada Minggu, 21 Juli 2024. Dewa United dan Borneo Hornbills akan berebut tiket semifinal.

Sementara itu, di laga lain Pelita Jaya mengamankan kemenangan keduanya pada Playoff IBL 2024. Dengan demikian, mereka tak perlu melalui gim ketiga.

Pelita Jaya menang dengan skor 82-71 di kandang sendiri. Bali United tidak diberi kesempatan mengejar poin sepanjang empat kuarter.

Abraham Wenas cuma diizinkan mendekat dengan 56-59 pada kuarter ketiga. Namun, Pelita Jaya melaju tanpa hambatan untuk mengambil gim kedua dan unggul 2-0.

Sebelumnya pada gim pertama, Pelita Jaya juga mencuri kemenangan di kandang Bali United, GOR Merpati. Mereka pulang dengan keunggulan meyakinkan 96-66.

Alhasil, Pelita Jaya langsung melaju ke semifinal IBL 2024. Mereka akan menghadapi Prawira Harum Bandung di empat besar yang digelar pada 25 Juli 2024.