Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Ungkap Program Makan Bergizi Gratis Masuk Tahap Uji Coba

JAKARTA - Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Komunikasi Hasan Nasbi mengeklaim, rencana program makan bergizi gratis tengah masuk masa uji coba atau pilot project di seluruh Indonesia.

"Saat ini tim pakar sedang melakukan pilot project sekaligus uji coba. Jadi riset yg sekaligus kita kerjakan dari sana kita akan mendapatkan temuan apa saja yang harus dilakukan, diperbaiki, diantisipasi termasuk kesimpulan berapa harganya tapi ini masih berjalan," ujarnya dalam Konferensi Pers di Jakarta, Jumat, 19 Juli.

Hasan menyampaikan semua formula yang akan dihasilkan nanti di akhir pilot project harus memenuhi dua hal yaitu ketercukupan gizi dan bermanfaat.

Dengan begitu, pihaknya belum menentukan budget per porsinya untuk program tersebut lantaran saat ini sedang dilakukan pilot project.

"Jadi belum ada kesimpulan termasuk soal harga. Semua formula yang akan dihasilkan nanti di akhir Pilot Project harus memenuhi dua hal tadi ketercukupan gizi dan harus sebanyak mungkin orang yang menerima manfaat," imbuhnya.

Hasan menambahkan, uji coba program tersebut sudah dilakukan kepada siswa SD, SMP, SMA dan Ibu Hamil.

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan temuan apa saja yang harus dilakukan, diperbaiki serta diantisipasi pada saat program unggulan Prabowo-Gibran tersebut dijalankan.

Pilot project makan bergizi gratis telah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dan satu unit layanan bisa memenuhi sekitar 3.000 individu.

"Begini satu unit layanan 3.000 siswa dan satu provinsi aja bisa berapa kan. Jadi, satu unit layanan itu 3.000 (siswa) sekarang. Ada yang lebih dari itu," ujarnya

Hasbi menegaskan, uji coba tersebut tidak didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Pertama riset ini belum bisa menggunakan instrumen pemerintah dan belum ada anggarannya di pemerintah," kata Hasan.

Sebagai Informasi, Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp71 triliun untuk program Makan Bergizi Gratis dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Makan Bergizi Gratis (MBG) merupakan program andalan Pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Program makanan bergizi gratis yang sudah dialokasikan dalam anggaran RAPBN 2025 sebesar Rp71 triliun," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers kondisi fundamental ekonomi terkini dan rencana APBN 2025, Senin, 24 Juni.

Airlangga menyampaikan, besaran anggaran tersebut sudah disepakati oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat rapat bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati serta tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad.

"Pada prinsipnya beliau memahami dan setujui hal yang dibahas di rapat termasuk salah satunya dukungan ke program-program yang menjadi program unggulan dan salah satunya program makan bergizi gratis," jelasnya.