Bolehkah Air Jahe Diminum saat Perut Kosong? Begini Jawaban Ahli

YOGYAKARTA – Air jahe termasuk minuman herbal yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Di dalam jahe, terdapat antioksidan dalam jumlah besar yang membantu mengembalikan kerusakan sel dan menghilangkan racun. Pertanyaannya, bolehkah air jahe diminum saat perut kososng?

Artikel ini akan membahas tentang keamanan minum air jahe saat perut kosong beserta manfaatnya untuk kesehatan. Jika Anda penasaran, baca ulasan berikut ini .

Bolehkah Air Jahe Diminum saat Perut Kosong?

Dikutip dari National Center for Biotechnology Information (NCBI), jahe merupakan salah satu anggota keluarga akar-akaran yang terdiri dari kunyit dan kapulaga. Ada lebih dari 1.300 spesies tanaman jahe yang berbeda di seluruh dunia.

Aroma kuat yang dihasilkan jahe berasal dari keton. Jahe mengandung vitamin C, vitamin B6, mikrnutrien seperti magnesium, potasium, mangan, serat, dan air.

Menariknya, berbagaimacam nutrisi yang terdapat pada jahe tidak membahayakan bagi lambung asalkan dalam jumlah atau kadar yang wajar. Ini artinya air jahe boleh diminum saat perut kosong.

Bahkan, menurut ahli gizi Avni Kaul, minum air jahe saat perut kosong adalah hal yang baik karena menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, disadur dari laman Health Shots.

Kendati demikian, asupan jahe tidak boleh melebihi 3-4 gram perh hari. Untuk wanita hamil, konsumsi jahe sebaiknya tidak lebih dari 1 gram per hari. Jahe tidak diperuntukkan untuk anak di bawah 2 tahun.

Apa manfaat Minum Air Jahe saat Perut Kosong?

Berikut ini adalah beberapa manfaat minum air jahe saat perut dalam keadaan kosong.

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Minum air jahe pada pagi hari saat perut kosong bisa merangsang produksi enzim pencernaan, sehingga membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik, menukil Hindustan Times.  

Bila Anda mengonsumsi minuman sehat ini secara rutin, ini dapat membantu meringankan gangguan pencernaan, kembung, dan ketidaknyamanan pencernaan lainnya.

  1. Meredakan mual

Mual akibat morning sickness dapat diredakan dengan mengonsumsi air jahe. Jenis rimpang ini memiliki sifat antimual yang bisa membantu mengurangi gejala mual di pagi hari pada wanita hamil.

Jahe dapat menjadi obat alami mual bagi ibu hamil, namun ada batasan dalam mengonsumsinya.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Menurut sebuah riset, jahe dapat berkontribusi pada pengendalian gula darah yang lebih baik.

Minum air jahe secara rutin saat perut kosong bisa membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang-orang yang berisiko.

  1. Mengurangi peradangan

Jahe memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi (antiradang) sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah penyakit kronis.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat minum air jahe saat perut kosong yang lainnya adalah membantu meningkatkan aliran darah, bermanfaat bagi kesehatan jantung, serta mengurangi risiko komplikasi pembuluh darah.

Demikian jawaban dari pertanyaan “bolehkah air jahe diminum saat perut kosong?”. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.