Jokowi Dijadwalkan Membuka Langsung Piala Presiden 2024

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir langsung untuk membuka turnamen pramusim Piala Presiden 2024 di Bandung, Jumat, 19 Juli 2024.

Jokowi bakal berangkat ke Bandung dengan menggunakan kereta cepat, Whoosh. Tak sendirian, Ibu Negara, Iriana Jokowi, juga turut hadir dalam agenda ini.

"Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bersama Ibu Negara akan melakukan kegiatan kunjungan pada hari Jumat, 19 Juli 2024, ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, dalam rangka peresmian pembukaan turnamen sepak bola Piala Presiden 2024," begitu bunyi keterangan agenda yang diterima VOI.id dikutip pada Jumat, 19 Juni 2024.

Dengan agenda kehadiran langsung Presiden Jokowi, pengamanan ketat bakal diterapkan di sekitar lokasi acara. Sekitar dua ribu personel kepolisian dipastikan siaga dalam acara pembukaan Piala Presiden 2024.

Hal tersebut ditegaskan Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo. Katanya sejumlah antisipasi akan dilakukan pihak kepolisian untuk menjamin keamanan dan kelancaran acara.

"Kita lakukan check body dan memeriksa barang bawaan para penonton yang masuk ke area Stadion Si Jalak Harupat," kata Kapolresta dalam keterangannya.

Bukan hanya itu, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Panitia Pelaksana terkait larangan hadirnya tim pendukung lawan di laga kali ini, pihak keamanan juga mengantisipasi dengan menempatkan sejumlah personel di titik-titik rawan.

"Mereka (personel keamanan) ditempatkan di titik-titik seperti pintu masuk tiket dan jalan raya menuju stadion."

"Sedangkan untuk suporter tim tamu 'kan tetap dilarang hadir, jadi diimbau untuk menonton (pertandingan) dari rumah saja," tuturnya.

Agenda upacara pembukaan Piala Presiden 2024 rencananya bakal digelar mulai pukul 15.30 WIB di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pertandingan perdana yang akan mempertemukan Persib Bandung dengan PSM Makassar.