Rifda Ada Kemungkinan Tak Turun di Empat Alat pada Olimpiade 2024

JAKARTA – Atlet senam Rifda Irfanaluthfi ada kemungkinan tidak bisa turun di semua alat pada nomor all around Olimpiade Paris 2024.

Ketua Umum Persatuan Senam Indonesia (Persani), Ita Yuliati, mengatakan bahwa kondisi sang atlet memang belum 100 persen bugar sehingga perlu ada pertimbangan keselamatan.

"Dia memang belum pulih 100 persen. Sekarang kami juga masih melihat apakah Rifda bisa turun di semua empat alat atau sebagian alat saja," ujar Ita di Kantor NOC Indonesia, Jakarta, Kamis, 18 Juli 2024, siang WIB.

Rifda membuat sejarah menjadi atlet senam pertama Indonesia yang akan tampil di Olimpiade. Ia mendapat tiket ke sana usai tampil pada World Artistic Gymnastic Championship 2023 di Antwerp, Belgia.

Saat ini Rifda pun tengah menyiapkan diri dengan pemusatan latihan di Belanda. Di sana, dia menjajal empat alat, yakni lain kuda lompat (vaulting horse), palang bertingkat (uneven bars), balok keseimbangan (balance beam), dan lantai (floor exercise).

Ita menyebut persiapan yang dijalani oleh Rifda sejauh ini tidak mendapat hambatan apa pun, tetapi kondisi kesehatan yang belum pulih total membuat tim pelatih lebih hati-hati.

"Sejauh ini cukup baik. Kemarin saya mendengar ada sedikit masalah gerak kakinya, tetapi kondisinya baik. Jadi, dia akan berangkat ke Paris tanggal 22 Juli 2024," kata Ita.

Rifda adalah satu dari 29 atlet Indonesia yang tampil di Paris nanti. Sebagian dari jumlah tersebut saat ini sudah berada di Perancis untuk menjalani pemusatan latihan.

Selama di Paris nanti kontingen Indonesia mendapat dukungan dari enam sponsor di luar Pemerintah. Sponsor-sponsor tersebut ialah Aice, Li-Ning, LAVANI, Kings Travel, Samsung, dan ONPOINT.