Messi vs James: Duel Terakhir Dua Legenda di Final Copa América, Penentuan Segalanya!

 

JAKARTA - Lionel Messi (Argentina) dan James Rodríguez (Kolombia), dua pemain nomor 10 yang sangat berbakat, akan menjadi kapten yang menentukan dalam pertandingan final Copa America 2024 antara Argentina dan Kolombia.

Argentina dan Kolombia akan bermain pada Minggu 14 Juli atau Senin 15 Juli pukul 08.00 WIB, di Hard Rock Stadium, Miami Gardens, Florida, untuk menentukan juara edisi ke-48 turnamen ini. Bagi Rodríguez yang berusia 33 tahun dan Messi yang berusia 37 tahun, ini mungkin menjadi edisi terakhir mereka.

Final yang spektakuler sudah menanti saat juara bertahan Argentina dan Kolombia yang belum terkalahkan dalam 28 pertandingan, saling bentrok. Turnamen ini telah menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi kedua negara yang dipimpin oleh kapten legendaris mereka.

Bagi Argentina, kaptennya adalah Lionel Messi. Pemain tengah serang asal Rosario ini, yang telah memenangkan 8 Ballon d'Or, meraih CONMEBOL Copa América™ pertamanya pada edisi 2021 dan kini mencari trofi kontinental keduanya.

Pemain nomor 10 Argentina ini berperan penting dalam membawa negaranya ke Final Copa, memimpin seluruh kompetisi dalam peluang besar yang tercipta (7) dan jumlah umpan kunci terbanyak kedua (15). Pemain Inter Miami ini mengatasi cedera di Fase Grup dan tetap menjadi salah satu pemain paling berpengaruh dalam turnamen.

Dalam edisi terakhirnya dari CONMEBOL Copa América™, dan mungkin juga menjadi edisi terakhir bagi rekan-rekannya dan teman-temannya seperti Ángel Di María dan Nicolás Otamendi, pemenang Piala Dunia FIFA 2022 ini akan berusaha menjadikan negaranya sebagai tim paling sukses dalam sejarah kompetisi ini dengan kemenangan di final. Saat ini Argentina dan Uruguay berbagi prestasi dengan 15 gelar masing-masing.

Di sisi lain lapangan, pemain Kolombia James Rodríguez telah menjadi bintang bagi 'Los Cafeteros'. Rodríguez memecahkan rekor Messi untuk jumlah assist terbanyak dalam satu edisi, dengan enam assist, dan sangat ingin memenangkan gelar pertama bagi negaranya sejak 2001.

Lahir di Cúcuta, Kolombia, gelandang ini muncul di panggung dunia setelah membantu negaranya dalam perjalanan fantastis di Piala Dunia FIFA 2014. Sepanjang karirnya, Rodríguez telah bermain untuk klub-klub besar seperti FC Porto, Monaco, Real Madrid, Bayern Munchen, dan Everton.

Pemain berusia 33 tahun ini dan tim Kolombia saat ini memiliki rekor tak terkalahkan dalam 28 pertandingan menjelang final. Rodríguez, yang berperan penting dalam kesuksesan negaranya di turnamen ini, memimpin kompetisi dalam umpan kunci (17) dan berada di posisi kedua dalam peluang besar yang tercipta (5).

Hasil terbaik James, sebelum edisi 2024 ini, adalah posisi keempat pada tahun 2016, turnamen yang juga diadakan di Amerika Serikat.

Kedua pemain nomor 10 ini telah bertemu dalam turnamen sepak bola nasional tertua di dunia dua kali sebelumnya, yaitu pada Perempat Final edisi 2015, di mana Argentina menang melalui adu penalti, di mana kedua pemain juga mencetak gol dalam adu penalti tersebut. Pertemuan lainnya adalah di Fase Grup edisi 2019, di mana Kolombia menang 2-0, dan Rodríguez mencatatkan satu assist.

Sekarang, pada edisi 2024,  dua tim spesial yang memimpin rekor pertandingan di Copa selama ini akan mempertaruhkan  semuanya. Kedua kapten legendaris ini seharusnya mampu membantu menciptakan salah satu penutup turnamen yang paling berkesan dalam sejarah sepak bola CONMEBOL.