Terungkap, Ini Cara Dokter Obati Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

YOGYAKARTA - Terdiagnosa terkena sakit kelenjar betah bening memang sangat merepotkan karena harus melakukan serangkaian pengobatan dan bahkan sampai operasi. Namun, adakah cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi? Yuk kita bahas di sini!

Limfoma ataupun kanker kelenjar getah bening ialah kanker yang terjadi pada saat sel darah putih berganti jadi ganas. Sel darah putih tersebut dianggap ganas sebab memperbanyak diri secara tidak terkendali pada kelenjar getah bening.

Ada pula kanker kelenjar getah bening dibagi jadi 2 tipe yakni limfoma non hodgkin (LNH) serta limfoma hodgkin (LH). Selaku salah satu penyakit yang perlu kalian waspadai, penyembuhan kanker kelenjar bening hingga saat ini memunculkan banyak perdebatan. Karena, terdapat kepercayaan yang berkata jika kanker kelenjar getah bening bisa sembuh tanpa operasi.

Penjelasan Mengenai Kanker Kelenjar Getah Bening

Sampai saat ini para pakar belum mengenali apa pemicu utama mutasi sel darah putih yang menimbulkan limfoma. Tetapi, terdapat beberapa faktor risiko yang bisa tingkatkan ancaman seorang buat terkena penyakit ini.

Mulai dari berjenis kelamin pria serta berumur di atas 55 tahun, alami gangguan sistem kekebalan tubuh, sampai mempunyai peradangan tertentu semacam virus Epstein-Barr. Di sisi lain, indikasi limfoma Hodgkin yang sangat umum yaitu pembengkakan di leher, ketiak, ataupun selangkangan.

Pembengkakan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, walaupun beberapa orang merasa sakit. Pembengkakan ini terjadi akibat kelebihan limfosit (sel darah putih) yang terkumpul di kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening merupakan gumpalan jaringan seukuran kacang polong yang dapat kalian temukan di seluruh badan serta memiliki sel darah putih yang menolong melawan infeksi.

Sebagian orang dengan limfoma Hodgkin pula mempunyai indikasi lain yang lebih umum. Ini dapat termasuk:

  • Keringat malam.
  • Penurunan berat badan secara signifikan.
  • Suhu tinggi (demam).
  • Batuk terus-menerus atau perasaan sesak napas.
  • Gatal terus-menerus pada kulit di seluruh badan.

Indikasi lain bakal bergantung di bagian badan mana kelenjar getah bening yang membesar berada. Misalnya, bila bagian perut terjangkit, penderitanya mungkin alami gangguan pencernaan.

Untuk selengkapnya baca: “Kenali Limfadenitis, Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Seperti yang Dialami Anak Jessica Iskandar”.

Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Tanpa Operasi

Sesungguhnya pembengkakan kelenjar getah bening bakal mengempis ataupun sembuh dengan sendirinya bila disebabkan oleh infeksi seperti peradangan flu serta batuk. Maksudnya, tanpa obat serta operasi juga pembengkakan kelenjar getah bening dapat sembuh.

Tetapi terkadang, dokter bakal memberikan obat antivirus ataupun antibiotik buat melawan peradangan virus serta bakteri yang jadi pemicu pembengkakan kelenjar getah bening.

Tidak hanya itu, dokter umumnya bakal merekomendasikan obat-obatan semacam acetaminophen serta ibuprofen buat melenyapkan rasa nyeri serta sakit dan buat mengurangi infeksi.

Melansir dari Mayo Clinic, metode menyembuhkan kelenjar getah bening tanpa operasi yaitu dengan memberi obat-obatan khusus bila penyebabnya karena infeksi. Termasuk infeksi HIV, dapat diberikan obat-obatan khusus dengan bertanya dengan dokter.

Cara menyembuhkan kelenjar getah bening tanpa operasi yang lain yaitu dengan mengompresnya. Kompres dapat dilakukan dengan memakai air hangat serta handuk.

Caranya, celupkan handuk ke air hangat. Kemudian, peras serta tempelkan ke area kelenjar getah bening yang bengkak. Misalnya, di bagian leher ataupun ketiak.

Lakukan perihal ini selama beberapa kali. Sehabis itu, tidurlah yang cukup supaya badan memiliki tenaga buat melawan virus serta bakteri. Dengan begitu, kelenjar getah bening yang membengkak dapat lekas kempis serta sembuh.

Jadi setelah mengetahui cara mengobati kelenjar getah bening tanpa operasi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!