iPhone 16 Pro Akan Miliki Kamera Zoom 5x yang Sama dengan Pro Max

JAKARTA - Pada iPhone 15 Pro Max dengan layar 6,7 inci, terdapat kamera tetraprism yang menawarkan hingga 5x zoom optik untuk lensa telefoto. Namun, iPhone 15 Pro yang lebih kecil dengan layar 6,1 inci tidak mendapatkan peningkatan ini dan tetap dengan zoom 3x.

Namun, baik iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max yang akan datang pada tahun 2024 akan mendapatkan lensa telefoto 5x yang sama. Menurut analis Ming-Chi Kuo, kamera ini akan memiliki spesifikasi identik dengan yang diperkenalkan di iPhone 15 Pro Max. Analis tersebut juga mengindikasikan bahwa peningkatan yang lebih signifikan akan muncul di tahun-tahun mendatang.

iPhone 16 Pro dan Pro Max diharapkan diluncurkan pada bulan September 2024, hanya beberapa bulan lagi. Berkat dimasukkannya kamera 5x di kedua ukuran pro, Kuo memperkirakan pengiriman komponen akan meningkat sekitar 160%.

Yang lebih menarik adalah apa yang dapat diharapkan pelanggan di tahun-tahun mendatang. Kuo mengatakan bahwa model iPhone 17 kelas atas, yang dijadwalkan rilis pada akhir 2025, akan mendapatkan kamera tetraprism dengan sensor 48 megapiksel.

Ukuran sensor juga akan meningkat menjadi 1/2,6 inci, yang kemungkinan akan meningkatkan kualitas gambar dan sensitivitas cahaya rendah. Namun, Kuo belum yakin apakah kamera tetraprism yang ditingkatkan ini hanya akan tersedia pada iPhone 17 Pro Max atau akan disertakan di kedua ukuran.

Melihat lebih jauh ke tahun 2027, 'iPhone 19' dijadwalkan untuk menerima peningkatan signifikan lainnya pada kamera telefoto. Kuo percaya peningkatan ini akan mencakup peningkatan pada rentang optik, yang kemungkinan melibatkan lebih banyak prisma untuk meningkatkan panjang jalur cahaya, dan dengan demikian memungkinkan zoom optik lebih dari 5x. Secara alami, desain ini tidak lagi akan disebut sebagai tetraprism, karena akan memiliki lebih dari lima reflektor internal.