6 Susu UHT untuk Anak 1 Tahun, Moms Jangan Asal Pilih Produk

YOGYAKARTA - Anak berusia 1 tahun bisa diberi susu UHT sebagai asupan nutrisi tambahan setelah ASI. Jenis susu ini diolah menggunakan teknologi ultra-high temperature (UHT). Melalui proses pemanasan dalam suhu tinggi, susu ini bisa steril dari bakteri dan mikroorganisme.

Sebagian orang tua menanyakan apakah anak umur tahun boleh minum susu UHT? Jawabannya adalah boleh karena susu ini juga membantu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua susu UHT bisa mencukupi kebutuhan gizi anak. 

Jadi orang tua harus selektif ketika memilih produk susu UHT untuk anak 1 tahun. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda membeli susu UHT. 

Rekomendasi Susu UHT untuk Anak 1 Tahun

Susu UHT merupakan minuman bergizi yang bisa dipilih sebagai asupan kepada buah hati Anda yang berusia 1 tahun. Di dalam susu ini terkandung beragam nutrisi penting sepeti kalsium, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B12, riboflavin, magnesium, protein, dan lainnya. 

Selain karena alasakan kaya nutrisi di dalamnya, banyak orang tua memberikan susu ini kepada anaknya karena lebih praktis. Produk susu UHT yang dijual di pasaran pun ada beragam merek, yang bisa Anda beli di toko langsung maupun secara online lewat e-commerce. 

Namun sebaiknya orang tua tidak memilih produk susu UHT secara sembarangan. Anda perlu mempertimbangkan kandungan dan kualitas dari tiap merek susu. Berikut ini rekomendasi beberapa produk susu UHT untuk anak berusia 1 tahun yang bisa jadi referensi para orang tua:

Frisian Flag Junio UHT

Frisian Flag Junio UHT Milk memiliki formula khusus untuk anak-anak dari usia 1 tahun, sehingga Anda tidak perlu ragu mengenai kesesuaian usia konsumsinya. Produk ini tersedia dalam kemasan praktis siap minum dengan volume 110 ml.

Selain itu, susu ini kaya akan 9 vitamin (vitamin A, D, B1, B2, B3, B6, B12) dan 6 mineral penting (kalsium, fosfor, magnesium, yodium, zinc, dan selenium). Beragam kandungan tersebut dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak serta memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

Ultra Mini Susu UHT

Merek susu UHT lainnya yang juga direkomendasikan untuk anak-anak adalah Ultra Mimi. Produk ini diklaim mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mendukung pembentukan tubuh si Kecil.

Perlu diingat, orng tua perlu memastikan kesesuaian usia anak sebelum memberikan susu UHT Ultra Mimi. Produk ini sangat cocok untuk anak-anak berusia 1 tahun ke atas. Susu ini hadir dalam varian rasa dari bahan alami yang kaya akan nutrisi penting, sangat bermanfaat bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Susu UHT Indomilk Kids

Produk susu Indomilk dibuat dari susu sapi segar asli yang dilengkapi dengan nutrisi penting untuk pertumbuhan anak. Sejumlah kandungan yang tersimpan dalam susu ini di antaranya seperti kalsium, fosfor, vitamin D, vitamin A, B1, B6, dan inulin.

Susu UHT Indomilk dikemas secara aseptik dengan kemasan multilapis yang kedap cahaya dan udara untuk menjaga kesegaran susu. Pastikan Anda memberikan susu kotak Indomilk kecil kepada anak yang berusia lebih dari 1 tahun dan segera habiskan setelah kemasan dibuka.

Frisian Flag UHT Full Cream

Frisian Flag menghadirkan susu cair steril dengan rasa full cream dalam kemasan botol karton yang kedap udara dan siap diminum. Susu ini diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak mulai usia 1 tahun. 

Susu Frisian Flag UHT Full Cream menyimpan kandungan nutrisi yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, produk susu UHT ini juga menawarkan rasa gurih yang disukai anak-anak.

Susu UHT Full Cream Greenfields

Greenfields adalah salah satu merek susu UHT full cream yang direkomendasikan untuk anak-anak. Produk susu UHT ini dibuat dari susu segar yang berasal langsung dari Peternakan Greenfields, tanpa menggunakan susu dari sumber lain.

Proses pengambilan bahan susu tersebut bertujuan untuk memastikan kualitas susu terbaik atau tetap terjaga kualitasnya. Selain itu, produsen juga menjamin bahwa susu UHT Greenfields bebas dari zat tambahan, hormon, dan antibiotik.

Diamond Susu UHT Sereal

Diamond Susu UHT Sereal menghadirkan inovasi baru dengan menggabungkan susu UHT dan sereal dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Produk ini memiliki rasa lezat yang kaya nutrisi, serta mengandung vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh.

Dengan kandungan gizi yang lengkap dan rasa yang enak, Diamond Susu UHT Sereal ideal sebagai makanan ringan. Susu ini bisa diberikan sebagai pengganti sarapan atau camilan sehat bagi anak-anak berusia 1 tahun ke atas.

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Foods menunjukkan bahwa konsumsi sereal terkait dengan peningkatan fungsi kognitif, penurunan berat badan atau obesitas, dan penurunan risiko hipertensi. Manfaat tersebut bisa memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh anak-anak.

Demikianlah beberapa produk susu UHT untuk anak 1 tahun yang bisa dijadikan pilihan para orang tua. Sebaiknya Anda memilih produk dengan kualitas baik dan kandungan sesuai kebutuhan bagi asupan si kecil. Perlu diingat juga bahwa meakanan seimbang dan beragam juga penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Baca juga tips memilih susu formula untuk anak usia 1 tahun

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.