Usai Jolion HEV, GWM Bakal Rakit Haval H6 di Indonesia pada Tahun Depan

JAKARTA - Great Wall Motor (GWM) telah resmi menjual Haval H6 di pasar Indonesia pada awal Maret lalu. Namun, model tersebut merupakan produk impor atau CBU dan belum dirakit secara lokal.

General Manager GWM Indonesia Constantinus Herlijoso, mengatakan bahwa ada beberapa faktor mengapa model tersebut belum dirakit secara lokal dan memutuskan bahwa Jolion HEV menjadi produk pertama yang diproduksi di Indonesia.

“H6 waktu itu kita masukkan dalam CBU dulu sembari mempersiapkan fasilitas produksi. Namun ada sejumlah pertimbangan teknis mengapa kami memutuskan utk rakit lokal Jolion terlebih dahulu,” kata pria yang akrab disapa Joso kepada media di Sudirman, Jakarta, Rabu, 10 Juli.

Namun, ia berharap bahwa SUV tersebut akan segera dirakit secara lokal (CKD) pada tahun depan jika sejumlah faktor mendukung perencanaan ini.

“Harapan kami tahun depan sudah merakit Haval H6 di Indonesia jika semuanya berjalan lancar,” tambahnya.

GWM Haval H6  memiliki dimensi yang lega dengan panjang 4.683 mm, lebar 1.886 mm, tinggi 1.730, dan wheelbase mencapai 2.738 mm. Dengan demikian, SUV tersebut memiliki kapasitas kursi sebanyak lima tempat duduk.

Usung kenyamanan premium, SUV ini dibekali dengan suspensi MacPherson Strut with stabilizer bar pada bagian depannya dan Multi-link independent suspension with stabilizer bar di bagian belakang dibantu dengan sistem Rack & Pinion Electric Power Assist.

Kemudian, mobil tersebut memakai ban 225/55 R19 dengan pelek alloy yang melindungi perangkat rem ventilated disc di kedua sisinya.

Bagian dalamnya dihiasi oleh layar digital instrument 10,25 inci dan sistem infotainmen 12,3 inci, dan dihiasi oleh pencahayaan ambient serta dilengkapi sunroof demi meningkatkan kenyamanan.

Pabrikan dari China ini juga menambahkan unsur keselamatan dengan enam buah airbag, kamera 360, parking assist system, autonomous emergency braking, adaptive cruise control, traffic jam assist, rear cross traffic alert, lane change assist, dan Wisdom Dodge System.

Berbicara soal performanya, Haval H6 ini dibekali dengan mesin 1.5T HEV dikawinkan dengan sistem Dual Hybrid Transmission (DHT) serta motor listrik yang menghasilkan tenaga gabungan mencapai 240 dk dan torsi 530 Nm.

Dibekali dengan sistem hybrid, Haval H6 HEV ini memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 1,69 kWh yang berperan dalam efisiensi BBM dan ramah lingkungan.

Diproduksi CBU, GWM Haval H6 dibanderol dengan harga Rp595,8 juta On The Road DKI Jakarta. Pabrikan juga memberi garansi 7 tahun atau 200.000 km dan 8 tahun atau 200.000 km untuk garansi baterai hybrid.