Cara Mengubah Akun Default Google di Perangkat Tertentu

JAKARTA – Pengguna Google bisa menambahkan beberapa akun ke dalam browser atau aplikasi Google. Meski ada banyak akun yang dimasukkan, Google hanya akan menandai satu akun secara default.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan sinkronisasi data dari Calendar, bookmark, atau setelan perangkat lain, baik dari ponsel maupun komputer. Google juga mengingat akun untuk mempermudah pengguna yang ingin menggunakan layanannya.

Banyak pengguna yang suka dengan penerapan akun secara default, tetapi sebagian orang mungkin tidak menyukainya karena akun tersebut bukan akun utama. Jika Anda terganggu dengan hal ini, Anda bisa mengubah akunnya.

Mengubah Akun Default di Google

Akun default merupakan akun pertama yang selalu muncul saat pengguna memakai Chrome, aplikasi Google, atau aplikasi apa pun yang berkaitan dengan Google. Untuk mengubah akunnya, ikuti langkah-langkah berikut dari Android Police.

  1. Buka situs web Google melalui Chrome.
  2. Klik ikon profil di sudut kanan atas layar.
  3. Klik menu drop-down dan pilih Keluar dari Semua Akun.
  4. Setelah keluar, masuk kembali ke akun Google.

Akun pertama yang masuk kembali ke dalam Google akan dijadikan akun default. Pastikan bahwa akun pertama yang Anda masukan merupakan akun yang sering Anda gunakan dan memang ingin dijadikan akun default.

Perlu diingat bahwa perubahan ini hanya terjadi di satu perangkat. Jika Anda ingin mengubah akun Google default di perangkat lain, Anda harus melakukan langkah-langkah di atas kembali.