SpaceX Akan Gelar Uji Terbang Kelima Starship pada Agustus

JAKARTA – Jarak uji terbang keempat dan kelima dari Starship tidak akan selama uji terbang pertama dan kedua. Setelah berhasil diluncurkan pada Juni lalu, Starship direncanakan akan terbang pada Agustus mendatang.

Elon Musk, pendiri SpaceX, sempat mengatakan bahwa pengujian Starship yang kelima sudah sangat dekat. Kini, miliarder itu mengonfirmasi bahwa "Penerbangan lima dalam empat minggu." Pernyataan ini diungkapkan Musk di platform X.

Seluruh pengujian Starship dilakukan di Starbase, fasilitas peluncuran SpaceX di Texas Selatan. Awalnya, wahana antariksa ini terus meledak di setiap pengujian. Namun, pengujian keempat berjalan dengan lancar dan tanpa ada masalah yang serius.

Kinerja dari Starship sudah semakin membaik, bahkan SpaceX berhasil memisahkan booster Super Heavy dari tingkat atas Starship tepat waktu. Keduanya mendarat di Teluk Meksiko dan Samudra Hindia sesuai rencana

Meski Starship tidak perlu diinvestigasi lagi jika mengalami kecelakaan, SpaceX berharap bahwa peluncuran Starship berikutnya memiliki lebih sedikit masalah. Semakin sedikit masalahnya, Starship akan siap untuk digunakan terbang ke Bulan.

Tujuan dari penerbangan kelima akan sedikit berbeda dari empat penerbangan sebelumnya. SpaceX ingin mendaratkan kembali booster Super Heavy ke landasan peluncuran di Starbase. Perusahaan itu akan menggunakan lengan sumpit dari menara peluncuran.

Strategi terbaru ini bisa menimbulkan risiko, tetapi SpaceX harus mengambil tindakan yang lebih berani. Dengan menggunakan strategi baru ini, SpaceX bisa memeriksa, memperbarui, dan meluncurkan kembali pendorongnya dengan lebih cepat.