BMW Motorrad Resmi meluncurkan All New BMW R 1300 GS Adventure, Ada 4 Varian

JAKARTA - BMW Motorrad resmi meluncurkan All New BMW R 1300 GS Adventure dengan konsep rangka, bodywork, desain dan penyimpanan yang benar-benar baru atau keahlian petualangan yang ditingkatkan secara menyeluruh yang membawa landasan BMW GS Adventure ke level baru.

Totalnya ada 4 varian dari model BMW R 1300 GS Adventure ini, meliputi Basic yang dibalut dengan warna Racing Red yang solid, selain itu hadir dengan tangki berwarna perak, jok berwarna hitam dan merah, setang hitam, pelek hitam, dan ekstensi pelindung tangan berwarna merah memberikan kontras yang mencolok.

Varian selanjutnya yaitu Triple Black, New R 1300 GS Adventure memperlihatkan wajah elegannya. Aksen dalam nuansa hitam yang terkoordinasi sempurna dan tangki bahan bakar aluminium yang dilapisi dengan Tinted Clear Coat berkualitas tinggi merupakan ciri khas dari karakter luar biasa ini.

Selain itu ada varian GS Trophy menampilkan skema warna yang sporty. Cat metalik Racing Blue dilengkapi dengan garis-garis Putih Muda solid dan Merah Racing solid yang menarik perhatian. Kehadiran jok berwarna merah dan hitam serta ekstensi pelindung tangan berwarna merah, dipadukan dengan batang pelindung mesin baja tahan karat, dan roda palang silang hitam untuk menciptakan skema warna yang menarik.

Terakhir ada varian 719 Karakorum yang dibalut dalam warna eksklusif Aurelius Green matt metallic. Garis-garis berwarna emas dan paket suku cadang Shadow milling melengkapi tampilan berkualitas tinggi, begitu pula lencana "Opt. 719" pada penutup tangki yang membuatnya terlihat spesial.

"Penampilan BMW R 1300 GS Adventure baru pastinya akan menarik perhatian. GS yang besar tidak hanya berbeda secara visual dari saudaranya yang nyaris mungil. Kenyamanan tempat duduk, ergonomis, dan perlindungan terhadap angin dan cuaca belum pernah dipadukan secara harmonis dengan penanganan yang presisi," kata Head of Development BMW Motorrad Christof Lischka, dikutip dari keterangan resminya, Sabtu, 6 Juli.

Soal mesinya, motor satu ini mengemas mesin boxer-twin seri R terbaru BMW Motorrad, berkapasitas 1.300 cc. Mesin tersebut menghasilkan tenaga 145 hp pada 7.750 rpm, dan torsi maksimalnya mencapai 149 Nm pada 6.500 rpm yang menjadikannya mesin boxer BMW paling bertenaga yang pernah diproduksi secara seri.

Banyak fitur menarik yang disematkan pada motor satu ini termasuk empat mode berkendara yang kini menjadi standar, untuk menyesuaikan preferensi individu pengendara. Selain itu hadir juga Automated Shift Assistant (ASA) atau teknologi transmisi otomatis untuk motor, seperti halnya Dual Clutch Transmission (DTC) bisa memilih opsi gigi melalui tombol tidak pakai tuas kopling, dan diklaim membuat mengendarai motor lebih mudah dan nyaman.

Tak hanya itu saja, BMW R 1300 GS Adventure juga sudah dilengkapi Dynamic Cruise Control (DCC) dengan fungsi pengereman sebagai standar. Riding Assistant menawarkan lebih banyak fungsi sebagai tambahan opsional. Terdiri dari komponen Active Cruise Control (ACC), Front Collision Warning (FCW), Lane Change Warning dan Rear End Collision Warning (RECW) baru .

"BMW R 1300 GS Adventure baru telah menetapkan tujuan untuk menjadi tolok ukur untuk sepeda motor petualangan besar," tambah dia.

Bicara model R 1300 sebenarnya sudah hadir di Indonesia yaitu R 1300 GS yang meluncur pada Februari lalu, apakah model baru tersebut (BMW R 1300 GS Adventure) akan menyapa pasar Indonesia juga? Tentunya patut ditunggu.