PT KAI Purwokerto Catat 211.327 Penumpang Berangkat di Masa Liburan Sekolah

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 5 Purwokerto mencatat, sebanyak 211.327 penumpang telah diberangkatkan pada masa liburan sekolah periode 22 Juni sampai 6 Juli 2024. Angka ini dinilai masih akan terus bertambah karena periode libur sekolah masih akan berlangsung hingga 14 Juli mendatang.

"Total sementara tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 11 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu, yang mana Daop 5 Purwokerto memberangkatkan sebanyak 190.261 pelanggan," ujar Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 6 Juli.

Feni menyebut, puncak volume keberangkatan tertinggi di Daop 5 Purwokerto terjadi pada Sabtu, 23 Juni 2024, dengan total 16.033 pelanggan diberangkatkan dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto. 

"Sedangkan, puncak kedatangan atau penumpang tiba terjadi pada Sabtu, 29 Juni 2024, sebanyak 15.307 penumpang tiba," katanya.

Sementara untuk jumlah penumpang turun di berbagai stasiun Daop 5 Purwokerto selama musim liburan sekolah ini tercatat sebanyak 203.675 penumpang. 

Untuk menambah semarak masa liburan sekolah, Daop 5 Purwokerto telah mempersiapkan berbagai rangkaian acara menarik, di antaranya suguhan musik dari seniman-seniman lokal di stasiun, HUT KA Baturraden Ekspres yang menghadirkan seni tari lengger di stasiun, Flashmob di stasiun, sapa pelanggan dengan membagikan souvenir menarik serta berbagai kegiatan unik lainnya. 

"Berbagai event yang diadakan oleh Pemda setempat juga turut andil dalam menyemarakkan masa liburan sekolah ini," ucap dia.

Di samping itu, untuk mengakomodir antusiasme masyarakat yang masih akan menikmati masa liburan sekolah, KAI Daop 5 Purwokerto juga telah menambah kapasitas tempat duduk pada berbagai rangkaian KA, di antaranya KA Logawa, KA Kamandaka, KA Sawunggalih, KA Kutojaya Utara, KA Kutojaya Selatan, dll. 

"Hingga saat ini, masih tersedia tempat duduk ke berbagai stasiun tujuan karena okupansi keterisian rata-rata di 70-80 persen," imbuhnya.

Adapun masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id atau media sosial @KAI121.