KTT NATO Bakal Umumkan Bantuan Peningkatan Pertahanan Udara Ukraina termasuk Jalan Keanggotaan

JAKARTA - Negara-negara NATO akan mengungkap rencana "jembatan” menuju keanggotaan untuk Ukraina dan mengumumkan langkah-langkah untuk meningkatkan pertahanan udara Kyiv pada KTT pekan depan di Washington.

“Sekutu akan menegaskan kembali bahwa masa depan Ukraina ada di NATO, dan akan membuat pengumuman baru yang signifikan tentang bagaimana kita meningkatkan dukungan politik militer dan keuangan NATO untuk Ukraina. Ini adalah bagian dari jembatan Ukraina menuju NATO,” kata pejabat AS dilansir dari Reuters, Sabtu, 6 Juli.

Presiden AS Joe Biden akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin dari 32 anggota NATO mulai Selasa, 9 Juli, di Washington.

Biden diperkirakan akan mengadakan konferensi pers tunggal yang jarang terjadi selama KTT tersebut.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang gagal melobi undangan politik untuk bergabung dengan NATO pada pertemuan puncaknya di Vilnius musim panas lalu, mengatakan pertemuan puncak tahun ini harus menyelesaikan masalah undangan Kyiv untuk bergabung.

Pejabat senior AS menggambarkan rencana “jembatan menuju keanggotaan” sebagai rencana yang cukup substansial yang mencakup koordinasi pelatihan, logistik dan pengembangan kekuatan.

"Ini adalah upaya yang sangat serius untuk menempatkan Ukraina pada posisi...yang siap mengambil peran dan tanggung jawabnya dalam aliansi pada hari pertama," kata pejabat itu.

Zelenskiy diperkirakan akan menghadiri pertemuan puncak tersebut. Ukraina telah berusaha untuk memukul mundur kemajuan Rusia di wilayah Kharkiv.

Pejabat senior Amerika itu juga mengatakan Amerika Serikat dan beberapa sekutu NATO akan mengumumkan langkah-langkah baru untuk memperkuat pertahanan udara dan kemampuan militer Ukraina untuk membantu Ukraina terus mempertahankan diri mereka saat ini.