Biro Komite PBB Puji Peran Indonesia, Dubes Mansour: Pendukung Perdamaian, Keadilan dan Solusi Dua Negara

JAKARTA - Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad H. Mansour memuji konsistensi dan peran Indonesia terhadap negaranya, saat Biro Komite Palestina PBB (CEIRPP) berkunjung ke Jakarta.

Dalam keterangan pers bersama di Jakarta Dubes Mansour mengatakan, pihaknya bersama komite berterima kasih kepada pemerintah dan penduduk Indonesia untuk pembentukan opini publik di Indonesia.

"Indonesia salah satu pendukung terkuat palestina untuk perdamaian, keadilan dan implementasi solusi dua negara," kata Dubes Mansour dalam keterangan pers di Kementerian Luar Negeri RI bersama dengan Delegasi CEIRPP, Kamis 4 Juli.

Dikatakan olehnya, sebagai salah satu pendukng terkuat kemerdekaan Palestina, Indonesia yang berada di CEIRPP, melakukan berbagai upaya di PBB untuk mengakhiri perang.

"Kami sangat berterima kasih Indonesia sangat aktif untuk isu-isu mengenai Palestina," tandas Dubes Mansour.

Sementara itu, Duta Besar Senegal untuk PBB sekaligus Ketua Komite Cheikh Niang mengapresiasi dukungan Indonesia untuk komite dan Palestina sejak beberapa dekade lalu.

"Indonesia pendukung terkuat Palestina, dukungan datang dari semua komponen Indonesia, pemerintahan hingga masyarakat," ujar Dubes Niang.

"Indonesia selalu menunjukan dukungan sejak komite ini didirikan tahun 1975 dan Indonesia menjadi salah satu anggota. Indonesia memainkan peran penting dan krusial sejak saat itu, menjadi negara pertama yang mengakui Palestina 1988," lanjutnya.

Selain Dubes Niang dan Dubes Mansour, delegasi CEIRPP yang terdiri dari Duta Besar RI untuk PBB sekaligus Wakil Ketua Komite Arramanatha C. Nasir, Duta Besar Namibia untuk PBB sekaligus Wakil Ketua Komite Neville Melvin Gertze, Duta Besar Malaysia untuk PBB sekaligus Wakil Ketua dan Pelapor Komite Ahmad Faisal Muhammad dan Duta Besar Nikaragua untuk PBB Jaime Hermida Castillo mengunjungi Indonesia pada 3-5 Juli.

Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, kunjungan ini untuk menjaring masukan dari pemangku kepentingan terkait isu Palestina di Indonesia, meningkatkan komitmen dan dukungan terhadap pemenuhan hak-hak bangsa Palestina.

"Kunjungan ini merupakan bentuk kepercayaan PBB terhadap Indonesia untuk menjadi tuan rumah sebagai bentuk partisipasi aktif Indonesia di Biro Komite Palestina PBB," jelas Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Duta Besar Tri Tharyat.

Selama kunjungan di Jakarta, Delegasi melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, DPR, Wakil Tetap Negara-Negara ASEAN di Jakarta, serta perwakilan pengusaha dan masyarakat madani.

Dikatakan, rangkaian pertemuan tersebut untuk membahas berbagai upaya untuk meningkatkan dukungan terhadap bangsa Palestina. Indonesia juga terus menekankan dukungan agar segera tercapai gencatan senjata permanen dan mendorong masuknya bantuan kemanusiaan di Gaza, mendorong keanggotaan penuh Palestina di PBB yang dapat membuka pintu penyelesaian politik berdasarkan two-state solution.