Inilah Thar Armada, Rival dari Suzuki Jimny 5-Door di India

JAKARTA - Produsen otomotif dari India Mahindra akan menghadirkan model Thar versi lima pintu. Dilaporkan bahwa SUV ini merupakan salah satu mobil yang paling ditunggu-tunggu tahun ini.

Melansir Autocar India, Senin, 1 Juli, model yang dinamakan sebagai Thar Armada ini dirakit di pabrik milik Mahindra, tepatnya di Chakan, India.

Pabrikan yang bermarkas di Mumbai, India ini dilaporkan telah meningkatkan produksi untuk Thar lima pintu ini dengan alasan tingginya permintaan dari calon pelanggan. Awalnya merek ini merencanakan produksi bulanan sekitar 2.500 unit, kini dinaikkan menjadi 5.000 hingga 6.000 unit per bulan. Dengan demikian, produksi model SUV ini dapat mencapai hampir 70.000 unit per tahun, naik dari 30.000 unit yang telah direncanakan dari awal.

Thar lima pintu akan menjadi opsi alternatif yang mementingkan sisi kepraktisan dibandingkan dengan versi tiga pintu. Model ini akan memiliki wheelbase yang panjang dengan ruang kabin dan bagasi lebih luas.

Mahindra akan menawarkan beberapa opsi powertrain pada model ini, mulai dari mesin diesel 1,5 liter berpenggerak roda belakang (RWD) sebagai tipe entry-level hingga 2,2 liter diesel dengan berpenggerak empat roda (4WD). Selain itu, Thar Armada akan hadir dengan opsi mesin bensin 2,0 liter turbo.

Selain powertrain, Mahindra juga perluas opsi pada bagian pergantian gigi dengan pilihan transmisi otomatis bagi pengguna perkotaan.

Terlepas dari berbagai mesin, pilihan girboks, dan berpenggerak 4WD opsional, pabrikan juga sematkan berbagai fitur dan teknologi keselamatan yang lengkap, seperti airbag dengan jumlah banyak serta sistem ADAS Level 2 pada varian lebih tinggi.

Selain itu akan ada pilihan pada layar infotainment, jok, lampu LED, desain velg dan bahkan sunroof, dengan varian yang lebih tinggi mendapatkan unit panorama. Mahindra Thar Armada akan bersaing dengan sejumlah model, termasuk Suzuki Jimny 5-door di pasar India.

Meskipun pemesanan belum dimulai secara resmi, beberapa dealer sudah mulai menerima reservasi untuk Thar lima pintu secara tidak resmi. Detail mengenai spesifikasi dan harga diharapkan akan terungkap dalam beberapa bulan mendatang.