Kenapa Setelah Minum Kopi Jantung Berdebar dan Badan Lemas? Ini Jawaban dan Solusinya

YOGYAKARTA – Efek minum kopi hitam tanpa gula atau jenis kopi lain memang cukup baik dirasakan oleh sebagian orang, misalnya, meningkatkan konsentrasi, mencegah kantuk, dan sebagainya. Namun di beberapa orang efek minuman tersebut kadang dirasa kurang nyaman karena jantung jadi berdebar. Saat Anda merasakan hal itu tentu akan bertanya kenapa setelah minum kopi jantung berdebar dan badan lemas?

Kondisi detak jantung makin cepat atau kondisi badan terasa lemas memang bisa ditoleransi oleh sebagian orang. Namun, ada pula yang justru takut dengan kondisi tersebut. Sebenarnya kenapa hal itu terjadi?

Kenapa Setelah Minum Kopi Jantung Berdebar dan Badan Lemas

Seperti diketahui, kopi adalah minuman yang berbahan baku biji kopi yang telah disangrai. Kopi sendiri mengandung kafein tinggi. Salah satu efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi kafein adalah peningkatan detak jantung dan badan terasa lemas.

Dilansir dari Advent Health, saat kopi masuk ke tubuh, darah akan mulai menyerap kafein dari lambung dan usus. Kafein tersebut akan mulai menstimulasi sistem saraf pusat Anda. Reseptor di sel-sel jantung juga akan terangsang oleh kafein sehingga detak jantung meningkat.

Peningkatan detak jantung akibat kafein kurang lebih tiga detak per menit. Bahkan aliran darah juga akan meningkat. Kondisi tersebut akan terjadi dalam waktu 15 menit setelah sesapan pertama kopi. Sedangkan efek yang akan dirasakan mungkin akan hilang namun butuh waktu selama kurang lebih enam jam.

Cara Menghilangkan Efek Minum Kopi

Efek minum kopi yang bisa dirasakan oleh peminumnya durasinya beragam. Yang jelas efek tersebut kadang cukup mengganggu. Tak perlu khawatir karena ada cara hilangkan efek kopi di tubuh yakni sebagai berikut.

  1. Konsumsi Air Putih

Jika efek kopi mengganggu, segeralah minum air putih yang banyak untuk menetralisir kafein yang terserap di tubuh. Perlu diketahui pula bahwa kafein menyebabkan dehidrasi sehingga tubuh akan punya respon yang mengganggu. Untuk menguranginya, penuhi asupan cairan tubuh dengan minum air putih.

  1. Miliki Asupan Magnesium

Magnesium membantu meningkatkan kesehatan jantung serta membantu mengatur debar jantung. Agar debar jantung setelah minum kopi sedikit mereda, konsumsi pisang secukupnya karena buah tersebut mengandung magnesium.

  1. Terapkan Teknik Pernapasan Manuver Valsava

Teknik manuver valsava membantu mengembalikan detak jantung yang meningkat akibat kopi. Valsava membantu menambah tekanan udara di dada serta mengaktifkan refleks vagal yang berguna mengatur ritme jantung. Cara melakukan teknik napas manuver valsava adalah sebagai berikut.

  • Ambil posisi duduk tegak
  • Jepit hidung dan tutup mulut (bisa dengan tangan)
  • Hembuskan napas dengan gerakan mengejan
  • Lakukan gerakan ini dua hingga tiga kali selama 10 sampai 15 detik agar efeknya terasa.

Disarankan untuk membatasi asupan kopi per harinya karena efek berhenti minum kopi sebulan cukup baik untuk kesehatan.

Selain kenapa setelah minum kopi jantung berdebar dan badan lemas, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.