Peralatan yang Efektif untuk Membersihkan Kaca, Lengkap dengan Cara Pakainya

YOGYAKARTA – Membersihkan kaca tidak bisa dilakukan sembarangan hanya dengan air dan lap. Cara itu hanya akan membersihkan noda, namun saat air kering justru akan meninggalkan noda lain. Agar lebih bening dan mengkilat, Anda membutuhkan peralatan yang efektif untuk membersihkan kaca.

Peralatan yang Efektif untuk Membersihkan Kaca

Alat-alat di bawah ini sangat direkomendasikan untuk membantu Anda membersihkan kaca, baik pada mobil, rumah, etalase toko, atau perabotan lain yang memiliki komponen kaca. Cara membersihkan kaca yang buram juga sangat mudah dengan beberapa alat berikut ini.

  1. Lap Mikrofiber

Untuk membersihkan kaca agar lebih bersih tanpa meninggalkan noda air, disarankan untuk menggunakan lap mikrofiber. Berbeda dengan lap lain, mikrofiber membantu mengeringkan air dengan sempurna karena daya resapnya sangat tinggi. Berbeda dengan kain biasa yang saat digunakan untuk mengeringkan permukaan kaca penyerapan air tidak begitu sempurna dan memicu noda lainnya.

Cara pakai lap mikrofiber untuk bersihkan kaca mudah, cukup usap permukaan kaca yang sudah dibilas dengan air sabun atau cairan pembersih lain. Pastikan air benar-benar terserap sempurna.

  1. Alat Pembersih Kaca Magnetik Dua Sisi

Alat ini akan membantu membersihkan kaca dari sisi luar dan dalam namun pengusapannya hanya dilakukan satu kali. Alat ini banyak dipakai untuk membersihkan jendela di ketinggian tertentu sehingga proses pembersihan bisa dilakukan dari luar.

Cara pakai alat pembersih kaca magnetik dua sisi cukup dengan membasahi kapas dengan air sabun lalu tempelkan dua alat tersebut saling berhadapan. Magnet akan mengunci posisi alat pembersih sehingga Anda cukup mengusapkannya ke seluruh permukaan kaca sesuai keinginan.

  1. Glass Window Wiper

Alat ini bisa digunakan pada kaca jendela yang kotorannya ringan. Glass window wiper bekerja seperti wiper mobil yakni dengan menyeka air yang ada di permukaan berbidang rata termasuk kaca.

Cara menggunakan alat ini untuk membersihkan kaca adalah dengan menyemprotkan air secara rata kemudian usap dengan glass window wiper hingga air benar-benar terbuang.

  1. Wiper Spons

Wiper spon bisa dipakai untuk membersihkan kaca mobil atau jendela rumah. Sedikit berbeda, alat ini bekerja dengan tidak menyerap air namun menyeka permukaan sehingga air benar-benar hilang. Alat ini memiliki lapisan karet dan spons.

Cara menggunakan wiper spons adalah dengan melumuri air sabun di bagian spons lalu usap ke seluruh permukaan kaca. Setelah dirasa bersih, seka air sabun menggunakan bagian karet sehingga air dan sabun benar-benar terbuang.

  1. Pembersih Kaca Teleskopik

Alat pembersih kaca ini berupa tongkat yang dapat dipakai untuk membersihkan jendela atau kaca dengan posisi yang tidak terlalu tinggi namun sulit digapai. Panjang pendek tongkat ini bisa diatur sesuai kebutuhan.

Memiliki kain lap di bagian kepala sehingga dapat mengusap permukaan kaca tanpa repot naik tangga. Lap di bagian kepala berfungsi untuk melumurkan air sabun sekaligus menyerap sisa air tersebut.

  1. Windshield Wonder

Alat pembersih kaca ini biasanya dibawa pengemudi mobil yang berkendara di musim hujan. Bentuknya praktis dan dapat membersihkan embun atau air pada kaca mobil. Cara menggunakan Windshield Wonder sama seperti alat lain sehingga mudah dipahami.

  1. Cordless Window Cleaner

Alat ini lebih canggih dibanding alat pembersih kaca lain karena telah dilengkapi mesin vakum. Dengan alat ini, air dan kotoran bisa terhisap dengan benar-benar kering tanpa residu dan goresan. Cara menggunakan cordless window cleaner sangat mudah, cukup ratakan air sabun di seluruh permukaan kaca kemudian hisap dan keringkan dengan alat ini.

Itulah beberapa peralatan yang efektif untuk membersihkan kaca. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.