Gareth Southgate Siap Memainkan Kobbie Mainoo Tapi HIndari Perubahan Besar Melawan Slovakia

JAKARTA - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, diperkirakan akan memberikan kesempatan kepada Kobbie Mainoo untuk memulai pertandingan pertamanya di Euro 2024 pada Minggu 30 Juni di Gelsenkirchen, Jerman.  Namun ia kemungkinan besar akan menghindari untuk melakukan perubahan besar pada timnya saat menghadapi Slovakia di babak 16 besar.

Mainoo, gelandang muda Manchester United, telah tampil sebagai pemain pengganti dalam dua pertandingan sebelumnya di Jerman. Ia  memberikan kesan positif saat masuk menggantikan Conor Gallagher pada babak kedua saat Inggris bermain imbang 0-0 dengan Slovenia. Kini, pemain berusia 19 tahun ini diperkirakan akan menjadi mitra Declan Rice di lini tengah Inggris dalam pertandingan penting di Gelsenkirchen.

Jika Mainoo diberi kesempatan, ia akan menjadi pasangan ketiga Rice di lini tengah selama turnamen ini, setelah sebelumnya bermain bersama Trent Alexander-Arnold dan Gallagher.

Meskipun banyak panggilan untuk melakukan perubahan besar-besaran pada tim, terutama di lini depan, setelah penampilan Inggris yang kurang meyakinkan dalam tiga pertandingan Grup C mereka, Southgate tampaknya akan tetap mempertahankan mayoritas pemain inti pilihannya. Ini berarti pemain seperti Anthony Gordon dan Cole Palmer kemungkinan harus puas memulai dari bangku cadangan.

Southgate juga harus memantau kondisi kebugaran Kieran Trippier, yang belum berlatih penuh selama 48 jam terakhir karena cedera betis ringan yang dialaminya sejak akhir musim lalu. Ada harapan bahwa pemain Newcastle ini bisa berlatih Sabtu pagi, yang akan menjadi indikasi ketersediaannya untuk pertandingan knockout.

Ezri Konsa dan Joe Gomez siap untuk memulai pertandingan jika Trippier tidak bisa bermain, sementara Luke Shaw telah kembali berlatih penuh, meskipun Southgate tampaknya tidak akan mengambil risiko memainkan bek kiri Manchester United itu sejak awal mengingat ia belum bermain selama lima bulan.

Bukayo Saka, yang telah memulai semua tiga pertandingan di sayap kanan sejauh ini, menegaskan bahwa ia bukan solusi untuk masalah bek kiri Inggris. Meskipun ada saran dari legenda Arsenal Ian Wright bahwa Saka bisa bermain di posisi tersebut, Saka menegaskan kepada BBC Radio bahwa ia lebih suka bermain di posisinya saat ini namun keputusan akhir tetap berada di tangan Southgate.

Dengan pertandingan yang semakin dekat, Southgate dihadapkan pada keputusan penting untuk memastikan Inggris siap menghadapi Slovakia dan melangkah ke perempat final Euro 2024.