Southgate Pertimbangkan Ambil Pemain Muda untuk Timnas Inggris di Euro 2024
Kobbie Mainoo dilirik Manajer Timnas Inggris Gareth Southgate (Instagram/@kobbie).

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, tengah memantau beberapa pemain muda yang tengah tampil apik di Liga Inggris 2023/2024.

Dia mengapungkan niat mengambil empat pemain muda baru tersebut untuk memperkuat Timnas Inggris di Euro 2024.

Salah satu yang mencuri perhatian Southgate ialah bintang muda Manchester United, Kobbie Mainoo.

Selain itu, ada juga pemain muda Liverpool dan Manchester City, yaitu Harvey Elliott serta Rico Lewis. Satu nama lain ialah Archie Gray yang memukai bersama Leeds United di Championship 2023/2024.

Meski demikian, Southgate belum memasukkan keempat pemain muda tersebut untuk laga persahabatan dalam waktu dekat melawan Brasil dan Belgia.

Dia masih mengandalkan muka lama seperti Declan Rice, Jordan Henderson, Conor Gallagher, Jude Bellingham, dan James Maddison.

"Ada beberapa pemain yang melakukannya dengan sangat baik, seperti Kobbie Mainoo, Harvey Elliott, Rico Lewis. Archie Gray melakukannya dengan sangat baik di Leeds."

"Saya pikir (Mainoo) tampil cemerlang sebagai pemain muda. Kami tidak pernah lamban dalam memasukkan pemain muda ke tim senior.

"Namun, dia hanya menjalani beberapa pertandingan. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati. Kami merasa kami harus memberinya ruang untuk berkembang dengan kecepatannya sendiri."

"Kami tidak merasa dia berada pada jumlah pertandingan yang sama dengan Jude (Bellingham) dan Bukayo (Saka) pada tahap itu."

"Hanya saja, dia memiliki pengalaman luar biasa di Manchester United dan tampaknya memiliki karakter yang sangat baik," tutur Southgate dilansir The Sun.

Menilik empat nama pemain muda tersebut, Southgate memang menaruh perhatian lebih kepada Mainoo. Namun, sang manajer menilai masih terlalu dini untuk memberikannya tempat di Timnas Inggris senior.

Meski demikian, bukan tidak mungkin Southgate berubah pikiran. Setidaknya, satu dari empat pemain muda itu akan dibawa ke Jerman.

Mainoo tentu terdepan. Dengan catatan, pemain 18 tahun itu bisa menunjukkan performa konsisten hingga akhir musim Liga Inggris 2023/2024.

Sang gelandang mesti membuktikan diri. Meskipun tidak memiliki jam terbang reguler seperti Bellingham dan Saka sebagai pilar klub, Mainoo harus menjadi pembeda yang membuatnya layak masuk tim senior Three Lions.

Sejauh ini, Mainoo telah menjadi pemain reguler di lini tengah Manchester United di bawah asuhan Erik ten Hag musim ini.

Dia mengunci tempatnya dengan menjadi starter dalam 12 pertandingan terakhir Liga Inggris 2023/2024.

Mainoo juga mencetak statistik mengesankan. Gelandang bertahan tersebut sudah menyumbang dua gol musim ini.

Penampilan mengesankan tersebut membuat Mainoo akan mendapatkan kenaikan gaji tiga kali lipat dalam waktu kurang dari setahun setelah perpanjangan kontrak terbarunya.

Perinciannya, dia akan menandatangani kontrak sebesar 60.000 pound per minggu.

Nah, terlepas dari itu, masalahnya Mainoo punya dua paspor. Selain Inggris, dia juga merupakan warga negara Ghana.

Jika Southgate batal memberikan kesempatan masuk Timnas Inggris di Euro 2024, ada kemungkinan Mainoo beralih ke Ghana.

Soalnya, sejauh ini Mainoo belum memiliki pernah mewakili Inggris di pertandingan kompetitif.