Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock dari Keamanan dan Fungsional

YOGYAKARTA – Secara sederhana smart door lock adalah sistem pintar yang terpasang di pintu yang membantu mengatur keamanan rumah. Sistem ini makin diminati karena berbagai hal mulai dari tampilan hingga jaminan keamanan. Meski dinilai lebih unggul dari handle pintu biasa, ada kelebihan dan kekurangan smart door lock yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan dan Kekurangan Smart Door Lock

Kelebihan smart door lock jadi salah satu alasan mengapa produk ini laku di pasaran. Beberapa kelebihan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Tampilan Lebih Elegan

Tampilan handle pada smart door lock jadi salah satu yang menarik perhatian. Desain yang diterapkan terkesan modern sekaligus sederhana. Selain pada desain, material yang digunakan juga kuat dan lebih tahan dengan cuaca atau hewan seperti rayap.

  1. Keamanan Lebih Terjamin

Keamanan rumah memang lebih terjamin degan smart door lock. Pasalnya sistem keamanannya dilengkapi dengan PIN, finger print, hingga sensor wajah agar pintu terbuka. Berbeda dengan pengunci pintu konvensional yang kuncinya bisa diduplikat.

  1. Kontrol Keamanan Jarak Jauh

Keamanan rumah bisa dikontrol dari jarak jauh. Bahkan beberapa smart door dilengkapi dengan CCTV sehingga dapat memantau keamanan rumah dari mana pun selama tersambung dengan WiFi. Selain itu penguncian akses pintu bisa dikontrol dari jauh.

  1. Lebih Praktis

Kepraktisan juga jadi salah satu alasan mengapa smart door lock diminati. Pasalnya pemilik rumah tak perlu repot membawa kunci saat bepergian. Risiko kehilangan kunci pun sangat sedikit.

Selain kelebihannya, ketahui pula kekurangan smart door lock. Kekurangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Anda yang ingin memasang sistem kunci tersebut.

  1. Harga Lebih Mahal

Karena menggunakan sistem canggih, harga produk ini lebih mahal dibanding sistem konvensional. Bahkan Anda membutuhkan biaya tambahan dalam pemasangan. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan.

  1. Potensi Lupa Kata Sandi

Jika pemilik rumah lupa dengan kata sandi, maka pintu tidak bisa dibuka. Bahkan perusakan sistem pun tidak akan membuat pintu berhasil dibuka. Disarankan untuk membuat kata sandi yang mudah diingat sehingga potensi lupa lebih sedikit.

  1. Sumber Listrik Kadang Jadi Kendala

Beberapa smart door lock memang sudah dilengkapi dengan baterai, namun jika baterai itu habis dikhawatirkan terjadi kendala pada sistem. Pemilik rumah harus benar-benar memastikan listrik tersuplai dengan baik.

  1. Kerusakan Harus Diperbaiki Ahlinya

Smart door lock tetap punya potensi rusak baik sistem atau fisiknya. Saat itu terjadi, pemilik rumah harus meminta ahlinya untuk memperbaiki. Berbeda dengan sistem kunci konvensional yang bisa diperbaiki secara otodidak.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan smart door lock. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.