Bank Tanah Bakal Siapkan Lahan 150 Ha bagi TNI/Polri di Sekitar Bandara IKN

JAKARTA - Badan Bank Tanah akan menyiapkan lahan seluas 150 hektare (ha) untuk TNI/Polri di sekitar Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Ada permintaan dari Polri seluas 150 ha untuk lahannya. Lahan-lahan pemerintah juga dari Panglima TNI akan dibuatkan sebagai penyangga untuk rumah-rumah prajurit juga yang akan dibangun. Akan kami berikan 150 ha," ujar Kepala Badan Bank Tanah Parman Nataatmadja saat ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu, 26 Juni.

Parman mengatakan, rencana pemberian lahan untuk kebutuhan Polri itu masih menunggu izin dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan' Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"(Lahannya diberikan) segera mungkin. Ini tergantung persetujuan daripada komite, yaitu tiga menteri (Agus Harimurti Yudhoyono, Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono)," katanya.

Meski begitu, Parman tidak menjelaskan secara terperinci dimana lokasi spesifiknya pemberian lahan seluas 150 ha tersebut.

Pada kesempatan berbeda, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengatakan, bahwa lokasi rencana lahan sebesar 150 ha itu memang berada di sekitar Bandara VVIP.

"(Lokasinya) itu di sekitar Bandara VVIP," tuturnya.

Danis mengakui, lahan seluas 150 ha tersebut memang sedang dipersiapkan. Namun, dia belum dapat memberikan informasi lebih lanjut nantinya lahan tersebut akan digunakan untuk apa.

"Yang saya tahu, sih, (kebutuhan lahan) untuk TNI," imbuhnya.