Daftar Alat Kebersihan yang Harus Ada di Rumah, Sapu dan Pel Saja tidak Cukup!

YOGYAKARTA – Alat kebersihan yang harus ada di rumah tidak hanya sapu, dan pel. Ada beberapa alat kebersihan lainnya yang Anda butuhkan untuk membersihkan rumah beserta isinya.

Kebersihan rumah merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan tempat tinggal. Untuk memastikan kondisi hunian nyaman dan terawat, Anda membutuhkan alat kebersihan yang tepat.

Lantas, apa saja alat kebersihan yang wajib ada di rumah? Yuk cek daftarnya dalam ulasan berikut ini.

Daftar Alat Kebersihan yang Harus ada di Rumah

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa alat kebersihan yang wajib dimiliki agar kegiatan bersih-bersih bisa lebih mudah dilakukan.

1. Sapu dan pengki

Sapu dan pengki merupakan dua alat pokok untuk menjaga lantai rumah tetap bersih. Sebaiknya, dalam satu rumah terdapat minimal dua pasang sapu dan pengki. Satu pasang digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di dalam rumah. Sedangkan satu pasang yang lain digunakan untuk menyapu halaman.

2. Squeegee

Squeegee adalah alat pembersih kaca yang terbuat dari karet. Anda wajib memiliki alat kebersihan ini di rumah karena fungsinya sangat beragam.

Squeegee dapat Anda gunakan untuk membersihkan kaca kamar mandi, kaca jendela, hingga dinding kamar mandi yang terbuat dari ubin.

3. Vacuum cleaner

Vacuum cleaner atau penyedot debut merupakan alat kebersihan lainnya yang harus ada di rumah. Selain membersihkan lantai, alat ini adalah kunci untuk menjaga perabotan dan kasur berlapis kain agar bebas dari debu, bulu, serbuk sari, dan alergen lainnya.

4. Alat pel lantai

Pel merupakan alat bersih-bersih yang digunakan setelah menyapu lantai. Tujuannya untuk menghilangkan debu dan kotoran ringan.

Untuk memudahkan bersih-bersih rumah, setidaknya Anda perlu memiliki satu dari empat jenis alat pel lantai.

Adapun jenis-jenis pel lantai yang bisa Anda pilih, yakni:

  • Pel datar: sesuai namanya, alat pel ini memiliki permukaan yang datar dan lebar. Alat pel datar (flat mops) dapat membuat aktivitas mengepel jadi lebih mudah.
  • Pel spons: jenis alat pel lantai yang satu ini memiliki kepala spons pada bagian ujungnya. Spons pel biasanya dilengkapi dengan alat pemeras yang terpasang di bagian atasnya. Dengan alat tersebut, mengepel jadi lebih mudah dan ringan, sebab air yang menumpuk di alat pel tidak perlu diperas secara manual.
  • Pel debu: alat pel ini dapat digunakan untuk membersihkan lantai, dinding, langit-langit, dan lampu. Pel debut terbuat dari berbagai bahan seperti serat mikro, bulu domba, dan sintetis.
  • Kain pel: ini adalah alat pel yang sangat bagus untuk digunakan, sebab materialnya relatif tebal dan memiliki daya serap maksimal.

5. Sikat toilet

Sikat toilet merupakan alat yang dirancang khusus untuk membersihkan mangkuk toilet. Sikat ini biasanya memiliki bulu-bulu yang kuat dan tahan lama, serta pegangan yang nyaman untuk digenggam.

Dengan sikat toilet, proses membersihkan mangkuk toilet akan menjadi lebih mudah. Selain itu, alat kebersihan ini juga dapat mencegah penumpukan kotoran yang tidak diinginkan.

6. Kemoceng

Kemoceng termasuk alat kebersihan yang penting untuk dimiliki dirumah. Kemoceng, baik kemoceng bulu ayam atau kemoceng berbahan plastic dapat digunakan untuk membersihkan debu yang menempel di perabotan atau peralatan rumah tangga.

7. Kain mikrofiber

Kain mikrofiber memiliki serat-serat berukuran mikro sehingga teksturnya sangat halus dan lembut. Kain mikrofiber lebih efektif dalam membersihkan kotoran ketimbang kain lab biasa.

Ukuran serat yang kecil pada jenis kain ini menciptakan listrik statis yang memungkinkannya mengangkat debu, kotoran, buih sabun, dan minyak dengan lebih kuat.

8. Spons dua sisi

Setiap rumah setidaknya harus memiliki spons dua sisi karena dapat memudahkan berbagai jenis pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci piring dan membersihkan oven.

9. Sikat gosok

Alat kebersihan yang satu ini umumnya digunakan untuk membersihkan noda membandel yang menempel di lantai. Oleh sebab itu, setiap rumah wajib memiliki sikat gosong yang mampu menghapus noda membandel tersebut.

Demikian informasi tentang alat kebersihan yang harus ada di rumah. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.