BMW Ungkap M5 Terbaru dengan Mesin Hybrid dan Performa Gahar

JAKARTA - BMW resmi membuka babak baru untuk sedan sport legendaris mereka, M5. Dengan sejarah selama 40 tahun, sedan legendaris berperforma tinggi ini memasuki generasi model ketujuh yang kini memiliki sistem penggerak elektrifikasi (hybrid) untuk pertama kalinya.

Dalam rilis pabrikan, 26 Juni, disebutkan jika debut perdana BMW M5 terbaru ini akan berlangsung di Goodwood Festival of Speed ​​di Inggris pada Juli 2024, dengan produksinya dilakukan di BMW Group Plant Dingolfing dimulai pada bulan yang sama. Sementara., peluncuran pasar BMW M5 baru di seluruh dunia akan dimulai pada November 2024 dan dibarengi dengan pengenalan BMW M5 Touring baru pada waktu yang bersamaan.

Mesin V8 twin-turbo ikonis pada M5 masih ada, namun kini ditemani motor listrik yang menghasilkan tenaga lebih dari 727 hp dan torsi puncak 1.000 Nm. Kombinasi mesin V8 putaran tinggi dengan teknologi M TwinPower Turbo dan motor listrik, ditambah transfer tenaga transmisi M Steptronic delapan kecepatan dan penggerak semua roda M xDrive, memungkinkan akselerasi mobil 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,5 detik. Lalu, kecepatan tertinggi dibatasi 250 km/jam, namun batas tersebut dapat ditingkatkan hingga 305 km/jam dengan Paket M Driver.

Adapun untuk perbedaan desain dengan generasi sebelumnya adalah lengkungan roda dan side skirt yang menonjol, apron depan yang menyerupai pahatan, dan permukaan khusus model di sekitar pilar C – termasuk logo timbul “M5” membuat sedan buas ini lebih atletis dari sebelumnya.

Untuk fitur-fitur interiornya, belum banyak diungkap namun karena mesin hybrid dilengkapi BMW IconicSounds Electric. Suara penggerak elektrik khusus M yang memberikan respons autentik terhadap pergerakan pedal gas saat mobil beroperasi dalam mode serba listrik. Dengan konfigurasi sistem penggerak yang relevan, cukup menonjolkan datangnya tenaga listrik ekstra selain output dari mesin V8.

Sementara, dalam mode pengoperasian serba listrik, BMW M5 baru dapat mencapai kecepatan hingga 140 km/jam. Untuk kapasitas baterai bertegangan tinggi sebesar 18,6 kWh yang terletak rendah di bagian bawah bodi mobil memiliki jangkauan listrik 67 – 69 kilometer dalam siklus WLTP, yang diklaim tidak tertandingi oleh pesaing mana pun.