Ronaldinho Balik Lagi ke Dunia Kripto, Diduga Kesulitan Finansial

JAKARTA - Legenda sepak bola Ronaldinho Gaúcho kembali membuat gebrakan di dunia aset kripto. Pada 23 Juni, melalui akun X-nya, Ronaldinho menyatakan bahwa sudah saatnya aset kripto menjadi arus utama dan mengajak para pengikutnya untuk ikut bergabung.

Namun, pengumuman ini tidak disambut dengan antusiasme melainkan dengan kritikan dan skeptisisme dari komunitas kripto. Penyelidik on-chain terkenal, ZachXBT, menjadi salah satu yang paling vokal mempertanyakan motif Ronaldinho.

Menurut informasi CryptoPotato, ZachXBT menuding bahwa kembalinya Ronaldinho ke dunia kripto mungkin dipicu oleh kesulitan finansial. Dalam respons tajamnya, ZachXBT berkata, “Apakah ini berarti kamu bangkrut lagi? Jika kamu lupa, ini semua proyek kripto yang kamu pompa dan buang selama bertahun-tahun.”

Tudingan ZachXBT disertai dengan tangkapan layar yang merinci keterlibatan Ronaldinho dalam beberapa proyek kripto, termasuk meme coin Baby Doge, Atari Chain, Lord Society NFT, dan World Cup Inu (WCI).

Baca juga:

Keterlibatan Ronaldinho dalam kripto sebelumnya dipenuhi dengan kontroversi. Skandal terbaru melibatkan proyek “18kRonaldinho” yang dituduh sebagai skema piramida senilai 61 juta Dolar AS (sekitar Rp998 miliar).

Proyek ini menjanjikan pengembalian yang tidak realistis sebesar 2% per hari kepada investor yang menyetor minimal 30 Dolar AS (sekitar Rp491.100) dalam bentuk mata uang digital. Ronaldinho pernah tampil sebagai duta perusahaan ini, namun dalam sidang kongres Brasil, ia membantah keterlibatan formalnya dan mengklaim bahwa citranya digunakan tanpa persetujuannya.

Pada Februari 2022, Ronaldinho bekerja sama dengan anak perusahaan Graph Blockchain, New World Inc., untuk menjadi duta dan mempromosikan pengalaman NFT kepada penggemarnya yang hampir mencapai 77 juta pengikut di Instagram. Kemudian, ia juga berkolaborasi dengan bursa terdesentralisasi P00LS untuk meluncurkan tokennya sendiri, RON.

Beberapa tokoh terkenal lainnya juga mencoba peruntungan di dunia kripto, seringkali dengan hasil yang beragam. Komunitas kripto belakangan ini melihat peningkatan dalam meme coin yang didukung oleh selebriti, banyak di antaranya dengan cepat merosot nilainya, menyebabkan kerugian besar bagi investor.