Deretan Suplemen yang Dapat Memicu Jerawat, Cek Kandungannya Sebelum Dikonsumsi

YOGYAKARTA – Konsumsi suplemen secara rutin dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh. Meski begitu, penting untuk mengetahui kandungan dan efek samping suplemen sebelum mengonsumsinya, sebab, ada beberapa suplemen yang berpotensi memicu jerawat.

Suplemen yang Berpotensi Memicu Jerawat

Dikutip dari National Institute of Health, suplemen makanan yang dapat memicu munculnya jerawat mengandung bahan obat seperti vitamin B6/B12, yodium, hingga protein whey.

Selain itu, suplemen pembentuk masa otot yang terkontaminasi steroid anabolic-androgenik (AAS) juga berpotensi menimbulkan masalah jerawat di kulit wajah.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa suplemen yang dapat memicu jerawat di kulit wajah berikut ini:

1. Suplemen yang mengandung vitamin B6 dan B12

Kombinasi vitamin B6 dan B12 dalam suplemen makanan bisa memicu dan memperburuk timbulnya jerawat.

Kendati mekanisme pastinya belum sepenuhnya dipahami, disebutkan bahwa vitamin B memicu adanya sejenis bakteri yang bernama Propionibacterium acnes.

Ketika bakteri ini berinteraksi dengan vitamin B, produksi porfiri akan meningkat. Porfirin merupakan senyawa yang dapat mengiritasi dan meradang pada kulit yang rentan jerawat.

2. Suplemen yang mengandung biotin

Biotin yang terdapat dalam suplemen makanan dapat meningkatkan kesehatan rambut dan kulit. Di lain sisi, bahan aktif obat ini juga dapat memicu jerawat.

Asupan biotin yang berlebihan diyakini dapat mengganggu penyerapan vitamin B5. Sedangkan kadar vitamin B5 di dalam tubuh yang cukup, dapat mendukung perlindungan kulit dari peradangan penyebab jerawat.

3. Suplemen pembentuk masa otot

Suplemen pembentuk masa otot yang mengandung steroid anabolik juga dikaitkan dengan munculnya jerawat di kulit wajah. Suplemen ini dapat meningkatkan produksi sebum, minyak alami yang ada pada kulit.

Produksi sebum yang terlalu banyak dapat mencegah pelepasan sel kulit secara normal dan menyumbat pori-pori. Bila pori-pori tersumbat, kotoran akan terjebak di kulit wajah dan memicu terjadinya jerawat.

4. Suplemen yang mengandung protein whey

Menyadur eating well, suplemen yang mengandung protein whey juga termasuk dalam daftar suplemen penyebab jerawat.

Suplemen ini cukup populer di kalangan atlet dan penggemar kebugaran, karena dapat meningkatkan massa otot.

Kendati demikian, konsumsi protein whey dapat meningkatkan kadar insulin 1 (IGF-1) yang akan berkontribusi terhadap jerawat. Kadar IGF-1 yang terlalu tinggi dapat merangsang produksi sebum berlebihan.

5. Suplemen yang mengandung yodium

Suplemen yodium bisa memicu munculnya jerawat di kulit wajah jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Yodium sendiri merupakan mineral penting yang ditemukan secaea alami di rumput laut, ikan, telur, garam, dan susu.

Nah, kandungan rumput laut berpotensi memberikan efek samping seperti benjolan berisi nanah di wajah, leher, bahu, dan punggung.

Tak hanya itu, susu yang menjadi sumber utama yodium juga dapat memicu timbulnya lesi di kulit.

6. Suplemen yang mengandung branched-chaind amino acids

Suplemen penyebab jerawat yang lainnya adalah suplemen makanan yang mengandung branched-chain amino acids (BCAA). Senyawa ini dapat meningkatkan sekresi insulin dari pancreas dan meningkatkan IGF-1, dikutip dari GoodRx.

Peningkatkan IGF-1 dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan. Minyak ini kemudian terperangkap dalam kelenjar sebaceous dan memicu munculnya jerawat di permukaan kulit wajah.

Demikian informasi tentang suplemen kesehatan yang berpotensi memicu jerawat. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.