Jakarta International Marathon, Agenda Car Free Day Sudirman -Thamrin Ditiadakan

JAKARTA - Agenda rutin car free day (CFD) yang rutin digelar di jalan protokol Jakarta resmi ditiadakan pada Minggu, 23 Juni. Absennya CFD pekan ini merupakan imbas dari gelaran BTN Jakarta International Marathon (Jakim) 2024 yang jadi rangkaian puncak kegiatan HUT ke-497 kota Jakarta.

Kabar ditiadakannya CFD pada pekan ini di Jakarta juga dibagikan oleh pihak Dishub DKI Jakarta.

“Pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor dapat dibatalkan jika waktu yang bersamaan juga dilaksanakan kegiatan/event yang bersifat khusus (nasional/internasional), di mana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan yang bersifat khusus,” tulis akun Instagram @dishubdkijakarta dikutip pada Minggu, 23 Juni.

Untuk agenda BTN Jakarta International Marathon memulai garis start dari Silang Barat Laut Monas dan selesai di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Kategori yang dilombakan pada Jakim tahun ini adalah marathon atau 42,195 kilometer, half marathon alias 21,0975 kilometer, dan 10 kilometer.

Adapun hadiah total yang disiapkan dalam ajang ini sekitar Rp 3 miliar, termasuk grand prize sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Rangkaian agenda Jakim sebagai salah satu kegiatan puncak HUT ke-497 Jakarta ini bahkan mulai digelar sejak pukul 4 pagi.