Whale Bitcoin Tambah Aset Senilai Rp6,49 Triliun di Tengah Koreksi Harga BTC

JAKARTA - Di tengah koreksi harga Bitcoin yang masih terjebak dalam kisaran ketat setelah jatuh dari 70.000 Dolar AS (Rp1,15 miliar), investor besar tetap tidak gentar untuk menambah aset digital terbesar di dunia ini. Salah satu paus Bitcoin yang dikenal dengan strategi cerdasnya, baru saja melakukan pembelian besar senilai Rp6,49 triliun.

Pada 20 Juni, Lookonchain melaporkan bahwa paus cerdas ini membeli 6.070 BTC senilai 395 juta Dolar AS (Rp6,49 triliun) saat pasar mengalami penurunan. Paus ini sebelumnya telah membeli sekitar 41.000 BTC senilai 794 juta Dolar AS (Rp13 triliun) selama pasar bearish 2022 dengan harga rata-rata sekitar 19.000 Dolar AS (Rp312 juta) per BTC. Mereka kemudian menjual 37.000 BTC dengan nilai 1,74 miliar Dolar AS (Rp28,6 triliun) selama pasar bullish 2023 dan 2024 dengan harga rata-rata 46.000 Dolar AS (Rp756 juta) per BTC. Dalam proses ini, paus tersebut meraup keuntungan lebih dari 1 miliar Dolar AS (Rp16,4 triliun).

Entitas ini menunjukkan kecerdasan luar biasa dalam perdagangan BTC, dengan sebagian besar penjualan terjadi pada titik harga tinggi, seperti yang diamati oleh Lookonchain. Pembelian terbaru ini merupakan akuisisi pertama BTC oleh paus ini dalam 1,5 tahun.

Baca juga:

Tekanan Harga dan Strategi Jangka Panjang

Bitcoin telah berada di bawah tekanan besar dalam beberapa minggu terakhir dan saat ini diperdagangkan di kisaran 65.400 Dolar AS (Rp1,07 miliar). Mata uang kripto ini bergerak sideways tanpa volatilitas signifikan, kecuali fluktuasi yang disebabkan oleh CPI dan FOMC di AS, dalam dua minggu terakhir karena beberapa pemegang dompet mengurangi kepemilikan mereka sejak Bitcoin diperdagangkan di atas 70.000 Dolar AS (Rp1,15 miliar).

Di antara mereka yang menjual adalah pemegang Bitcoin jangka panjang dan penambang selama periode yang sama, menurut data yang dikumpulkan oleh CryptoQuant. Faktanya, pemegang Bitcoin besar telah ditemukan menjual lebih dari 1,2 miliar Dolar AS (Rp19,7 triliun) BTC selama periode ini, kemungkinan menggunakan broker.

Meskipun kondisi pasar yang bergerak sideways dan berombak, Glassnode percaya bahwa rata-rata investor Bitcoin tetap sebagian besar masih menguntungkan. Namun, platform intelijen on-chain ini juga mencatat penurunan dalam “ketegasan investor.”

Hal ini menyebabkan keseimbangan antara permintaan dan tekanan jual, menghasilkan harga yang stabil dan volatilitas yang berkurang. Stagnasi dalam tren pasar saat ini secara tak terduga menciptakan rasa bosan, apatis, dan ketidakpastian di kalangan investor.

“Secara historis, ini menunjukkan bahwa pergerakan harga yang tegas ke salah satu arah diperlukan untuk merangsang putaran aktivitas pasar berikutnya,” ujar Glassnode.