Nyeri Lutut Pertanda Sakit Apa? Ketahui Ragam Masalah Kesehatan yang Jadi Pemicunya

YOGYAKARTA – Nyeri lutut merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Pertanyaannya, nyeri lutut pertanda sakit apa?

Dikutip dari AI-Care, ada banyak hal yang dapat menyebabkan munculnya gejala nyeri lutut. Lokasi dan tingkat keparahan nyeri yang dirasakan pasien juga bervariasi, tergantung pada faktor yang menyebabkan munculnya rasa nyeri.

Rasa nyeri yang muncul di area lutut biasanya akan terasa lebih hebat ketika lutut digerakkan. Kondisi ini bisa membuaat penderitanya kesulitan untuk berdiri, sebab lutut menjadi tidak stabil dan tidak kuat menyangga badan.

Nyeri lutut biasanya terasa lebih hebat pada saat lutut digerakkan. Kondisi ini bisa membuat penderitanya kesulitan untuk berdiri, karena lutut menjadi tidak stabil dan tidak kuat menyangga badan.

Artikel ini akan membahas deretan penyakit yang dapat menyebabkan nyeri lutut. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Nyeri Lutut Pertanda Sakit Apa?

Masih dari AI-Care, berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan nyeri lutut.

1. Cedera pada lutut

Nyeri lutut seringkali disebabkan oleh cedera pada lutut. Jika lutut mengalami cedera, beberapa jarigan yang menyusun lutut seperti tulang rawan atau tulang, dapat terganggu.

Beberapa cedera lutut yang bisa memunculkan gejala nyeri lutut, seperti:

  • Cedera ACL: cedera ACL adalah robekan pada anterior cruciate ligament (ACL). ACL sendiri merupakan salah satu ligamen yang menghubungkan tulang kering dan tulang paha. Cedera ACL biasanya dialami saat bermain sepak bola, bola basket, atau olahraga lain yang memerlukan perubahan arah secara tiba-tiba.
  • Fraktur pada tulang lutut: patahnya tulang lutut, termasuk tempurung lutut (patela) akibat jatuh atau kecelakaan bisa memicu rasa nyeri yang hebat pada lutut.
  • Robekan meniskus: meniskus adalah tulang rawan yang keras dan kenyal yang berfungsi sebagai peredam kejut antara tulang kering dan tulang paha. Meniskus bisa mengalami robek apabila tiba-tiba ada gerakan memutar lutut sambil menahan beban berat.
  • Bursitis: bursitis adalah peradangan yang terjadi pada bursa dan menyebabkan pembengkakan di sendi.
  • Tendinitis patella: peradangan pada satu tendon atau lebih (jaringan berserat yang menempelkan otot ke tulang). Cedera ini biasanya terjadi karena gerakan menendang, berlari, atau pada pengendara sepeda
  • Dislokasi tempurung lutut: cedera ini terjadi ketika tulang segitiga yang menutupi bagian depan lutut (patela) terlepas dari tempatnya

2. Arthritis

Nyeri lutut juga bisa jadi pertanda seseorang mengalami arthritis atau radang sendi. Beberapa jenis radang sendi yang dapat menyebabkan nyeri lutut antara lain:

  • Osteoarthritis: osteoarthritis atau penyakit degeneratif sendi adalah peradangan kronis di sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Proses kerusakan sendi pada osteoarthritis terjadi secara perlahan dan seiring waktu keluhan yang dirasakan akan memburuk. Pada beberapa kasus, osteoarthritis bisa menyebabkan penurunan fungsi sendi dan keterbatasan aktivitas.
  • Arthritis rheumatoid: ini adalah peradangan pada sendi yang terjadi akibat gangguan autoimun, di mana sistem tubuh justru menyerang jaringan tubuh sehat. Di masyarakat, kondisi ini dikenal dengan istilah penyakit rematik.
  • Gout: gout adalah radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Penyakit ini cukup umum terjadi dan bisa menimbulkan nyeri di lutut dan area persendian lainnya.

Demikian jawaban dari pertanyaan nyeri lutut pertanda sakit apa. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.