YouTube Batalkan Langganan Paket Premium Murah yang Dibeli Menggunakan VPN

JAKARTA – Beberapa pengguna YouTube terus melakukan berbagai cara untuk mendapatkan paket premium dengan harga termurah. Salah satu cara yang mereka gunakan adalah berlangganan menggunakan VPN.

Saat membeli paket premium menggunakan VPN, pengguna akan membayar paket sesuai dengan harga lokasi yang mereka pilih. Ini merupakan cara curang yang banyak dilakukan oleh pengguna YouTube, khususnya di AS.

Harga berlangganan paket premium di AS, untuk akun pribadi, dibanderol dengan harga 13,99 dolar AS (Rp230 ribu). Berbeda jauh dengan Ukraina yang hanya perlu membayar 2,5 dolar AS (Rp41 ribu) per bulan untuk akun pribadi.

Dengan perbandingan harga ini, banyak yang dengan sengaja membeli paket premium dengan mengubah lokasi mereka ke negara lain. Namun, cara ini sudah tidak berlaku lagi karena Google mulai mengambil tindakan.

Menurut laporan beberapa pengguna di Reddit, dikutip dari Android Authority, YouTube mulai membatalkan keanggotaan premium bagi pelanggan yang membeli paket sambil menggunakan VPN. Mereka akan mendapatkan email pembatalan keanggotaan.

Baca juga:

Tidak banyak yang Google sampaikan melalui email pembatalan paket premium. Mereka hanya mengatakan bahwa pengguna tidak akan bisa mendapatkan benefit premium dalam kurun waktu yang ditentukan, kecuali jika mereka berlangganan kembali.

Dengan pembatalan ini, pengguna sudah tidak bisa menggunakan VPN untuk mendapatkan harga paket yang lebih murah. Jika mereka mencoba berlangganan paket premium dengan VPN lagi, ada kemungkinan paket mereka dibatalkan kembali.