Persiapan Anak Masuk Sekolah TK: Baca Ini agar Tak Kebingungan Nantinya

YOGYAKARTA - Persiapan anak masuk sekolah TK di berbagai daerah di negara kita saat tahun ajaran baru memang kerap membuat kita sebagai orangtua kebingungan. Apalagi saat baru pertamakali menyekolahkan anak. Kalian tidak boleh asal-asalan tanpa rencana loh kalau tak ingin kerepotan nantinya.

Masa-masa memasuki sekolah merupakan suatu moment yang cukup penting bagi seorang anak, soalnya, sekarang ini mereka akan memulai aktivitas baru sebagai seorang pelajar. Oleh karena itu, orangtua berperan penting dalam mempersiapkan dirinya untuk memulai memasuki hal yang baru.

Barangkali ini bakal jadi perihal yang cukup menantang, terutama untuk orangtua yang belum mempunyai pengalaman. Nah, supaya gak bingung, kalian dapat ikuti beberapa tipsnya di bawah ini!

(Gambar krakenimages-Unsplash)

Persiapan Anak Masuk Sekolah TK

I. Persiapan Fisik Anak

Mempersiapakan fisik anak merupakan aspek awal yang wajib diperhatikan oleh orangtua. Dilansir dari sebuah media, Sylvia Rath, seseorang Parenting Specialist, menyebutkan persiapan-persiapan tersebut di antaranya, melatih anak buat dapat ke wc sendiri, memakai baju serta sepatu, mengatur ulang jadwal tidur siangnya, melatihnya supaya dapat makan sendiri, serta sebagainya.

Saat di sekolah, kalian gak dapat menemani anak sepanjang waktu sehingga mengajarkannya buat berangkat ke wc sendiri hendak cukup menolong proses belajarnya. Tidak hanya itu, bila anak mempunyai jadwal tidur siang 2 kali, pastikan buat melatihnya supaya waktu tidur siangnya cukup dilakukan satu kali sehabis balik sekolah saja.

II. Ajarkan Keterampilan Dasar Serta Sosialisasi

Kalian barangkali setuju kalau keterampilan sosial butuh ditanamkan sejak dini. Oleh karenanya, saat sebelum mulai sekolah hendaknya kalian latih dia buat dapat bersosialisasi dengan teman sebaya, mengingat nanti di sekolah dia bakal berjumpa dengan lingkungan dan teman-teman baru. Rath menarangkan, pada usia 3 ataupun 4 tahun, coba dorong anakmu buat dapat bermain secara mandiri ataupun ajarkan dia buat bersosialisasi dengan orang lain. Kalian dapat mengajaknya pergi ke taman bermain ataupun dapat pula berpura-pura seakan kalian orang lain yang mau bermain dengannya.

Supaya anak terbiasa dengan lingkungan sekolah, coba buat mulai mengenalkannya dengan buku. Rath memberikan tips, kalian dapat mulai membacakannya buku cerita tentang berangkat ke sekolah untuk membuatnya memperoleh gambaran. Langkah ini oun dapat membuat anak terbiasa duduk diam serta memperhatikan dalam jangka waktu tertentu.

III. Manfaatkan Tiap Momen Buat Belajar Hal Baru

Anak-anak secara natural mempunyai ketertarikan yang lumayan besar pada hal-hal baru yang ditemuinya. Selaku orangtua yang baik, kalian wajib dapat membimbingnya buat menjawab bermacam pertanyaannya. Akan lebih baik lagi, bila kalian senantiasa menyelipkan bermacam pelajaran sederhana tentang kehidupan padanya.

Menggunakan masing-masing momen buat memberikan pembelajaran sederhana supaya melatih anakmu buat dapat berpikir kritis. Sehingga, ke depannya anakmu bakal jadi lebih haus informasi serta berperan aktif sepanjang masa pendidikan di sekolahnya.

IV. Bantu Anak Meningkatkan Keterampilan Motorik Halusnya

Masa taman kanak-kanak merupakan saat di mana anak bakal belajar tentang kreativitas lebih banyak dibanding dengan pendidikan yang lain. Sehingga, buat mempersiapkan perihal tersebut kalian dapat coba latih mengembangkan keahlian motorik halusnya.

Misal, bermain dengan membuat kerajinan dengan memberi warna, menggunting, juga merekatkan. Dilansir dari Parents, Brittany Hoffer, Ph.D.,Instruktur Terapi Okupasi, menganjurkan apabila hendaknya anak membentuk tanah liat jadi bermacam wujud serta huruf, buat mempersiapkannya belajar menulis di sekolah.

V. Latih Untuk Dapat Mematuhi Jadwal Harian

Pada saat merambah usia sekolah, anak wajib dapat merubah rutinitas hariannya supaya dia gak merasa kaget. Hendaknya, jalani dari jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah serta cobalah untuk membuat agenda setiap hari yang wajib dipatuhi oleh anak.

Maksudnya, kalian wajib dapat mulai membuat agenda rutinitas yang tidak berubah-ubah di rumah. Misalnya, kapan waktu dia bangun tidur, mandi, makan pagi, tidur siang, bermain, sampai tidur malam. Dengan rutinitas yang tertib bakal membuat anak lebih terbiasa dengan bermacam aktivitas di sekolahnya nanti.

Tidak hanya itu, kalian dapat pula menyembunyikan koin ataupun manik-manik serta meminta dia supaya menemukannya. Bermacam aktivitas tersebut dapat memicu ketangkasan serta kekuatan tangan anak. Kalian pula dapat mencobanya buat membentuk anak supaya lebih terbiasa serta semangat sekolah.

Selain langkah diatas, kalian juga perlu untuk mengetahui “Cara Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dari PAUD hingga Kuliah”.

Jadi setelah mengetahui persiapan anak masuk sekolah TK, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!