Tiga Nama Petahana Dapat Rekomendasi dari PAN Maju di Pilkada Jatim 2024

SURABAYA - Tiga nama bakal calon bupati dan wali kota Jawa Timur telah mendapatkan surat rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur tingkat kabupaten/kota tahun 2024.

Pemberian surat rekomendasi itu dilakukan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN.

Tiga nama yang mendapat surat rekomendasi dari DPW PAN adalah Anna Muawanah (Bojonegoro), Aditya Halindra Rizky (Tuban), dan Ika Puspitasari (Kota Mojokerto). Ketiga orang tersebut berstatus petahana bupati dan wali kota.

"Proses organisasi sudah dilalui bakal calon kepala daerah. Bahkan, silaturahmi tidak terhenti di tingkatan pusat," kata Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig seperti dikutip dari ANTARA, Rabu 19 Juni.

Ahmad Rizki Sadig menyebut komunikasi ketiga nama penerima rekomendasi Pilkada 2024 rutin dilakukan mulai dari sebelum Pemilu berjalan.

"Seandainya terpilih lagi, kami mohon untuk bisa bersinergi, bekerja sama untuk membangun kabupaten maupun kota yang dipimpin," tuturnya.

Ia mengatakan setelah adanya surat rekomendasi, tahapan berikutnya ada penyerahan surat tugas bagi 10 bakal calon kepala daerah.

“Kenapa kami undang terpisah, karena sifatnya masih surat rekomendasi, jadi belum memiliki wakil," ujarnya.

Rizki Sadig mengharapkan setelah adanya surat tugas untuk 10 bakal calon kepala daerah tersebut, maka bisa langsung ditindaklanjuti dengan koordinasi bersama partai koalisi.

Langkah itu dimaksudkan agar DPW PAN Jawa Timur bisa meminta DPP agar segera memberi rekomendasi yang bersifat paket, calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. 

"Ini nanti bisa berproses menjadi rekomendasi paket dan menjadi SK pasangan yang didaftarkan. Kami tidak ingin ada rekomendasi yang dikeluarkan hari ini bulan depan berubah lagi," ucap anggota Komisi I DPR RI tersebut.