6 Manfaat Daun Kelor untuk Wanita, dari Kesehatan Kulit hingga Reproduksi

YOGYAKARTA - Daun kelor memang dikenal sebagai tanaman dengan beragam manfaat bagi kesehatan. Di samping itu, daun kelor juga memiliki khasiat tersendiri bagi wanita. Daun berbentuk bulat kecil ini membantu menjaga kesehatan kulit, rambut, hingga organ reproduksi wanita. 

Daun kelor mudah ditemukan di pekarangan rumah atau perkebunan di Indonesia. Tumbuhan yang berasal dari India ini memang banyak tumbuh di daerah tropis. Masyarakat biasa menggunakan daun ini sebagai bahan makanan. Selain itu, daun kelor juga diolah sebagai pengobatan tradisional sejak lama. 

Daun kelor diketahui menyimpan beragam nutrisi dan senyawa yang berperan baik bagi kesehatan. Daun ini dikonsumsi melalui beragam cara, mulai dari campuran minuman seperti teh, suplemen, hingga dijadikan sebagai masker wajah. Lantas apa saja manfaat daun kelor untuk wanita yang penting diketahui?

Manfaat Daun Kelor untuk Wanita

Terdapat beragam nutrisi yang terkandung di daun kelor, mulai dari protein, vitamin A, kalium, kalsium, vitamin B2, vitamin C, vitamin B6, magensium, dan zat besi. Selain itu, dalam daun ini juga terdapat kadar senyawa bioaktif yang tinggi, seperti fitosterol dan flavonoid. 

Berkat adanya bermacam-macam kandungan tersebut, daun kelor kerap dijadikan sebagai obat herbal dalam mengatasi masalah kesehatan wanita. Berikut ini sejumlah manfaat daun kelor untuk wanita:

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu kandungan penting yang terdapat di daun kelor adalah vitamin C. Adanya vitamin C ini membuat daun kelor juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet dan polusi. 

Para wanita yang ingin mendapatkan kulit sehat dan cantik secara alami bisa mengonsumsi daun kelor. Anda bisa menggunakan daun kelor untuk diminum maupun sebagai masker wajah untuk membuat kulit tampak lebih muda dan bebas dari jerawat.

Meningkatkan Produksi ASI

Daun kelor juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Manfaat ini diperoleh berkat senyawa fitosterol yang dapat membantu memperlancar produksi ASI pada wanita. Namun untuk meningkatkan produksi ASI, Anda juga disarankan untuk minum air putih yang cukup, rutin menyusui bayi, dan memompa ASI secara teratur.

Mempercepat Penyembuhan Luka Pasca Persalinan

Persalinan normal dapat menyebabkan robekan pada vagina akibat peregangan atau tekanan yang sangat kuat di jalan lahir saat mengejan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak daun kelor selama 7 hari berturut-turut dapat mempercepat penyembuhan luka robekan setelah persalinan normal.

Manfaat daun kelor untuk penyembuhan luka persalinan ini diyakini berasal dari kandungan vitamin A dan vitamin C. Kedua nutrisi tersebut diperlukan tubuh untuk membantu produksi kolagen dan memperbaiki jaringan kulit, sehingga luka robekan dapat sembuh lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Rambut

Memiliki rambut yang sehat, tebal, lembut, dan berkilau adalah impian setiap wanita. Salah satu metode untuk merawat kesehatan rambut secara alami adalah dengan menggunakan masker rambut dari daun kelor.

Daun kelor mengandung vitamin A yang dapat membantu memperkuat dan melindungi rambut dari kerusakan. Selain itu, daun kelor juga mengandung vitamin B yang dikenal mampu mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Meningkatkan Hormon Estrogen

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan fitoestrogen, flavonoid, dan senyawa lainnya dalam daun kelor dapat meningkatkan kadar hormon estrogen. Hormon ini berperan penting dalam kesehatan wanita, mulai dari mengendalikan siklus menstruasi, mematangkan sel telur, dan mempersiapkan rahim untuk kehamilan.

Mencegah Infeksi Rahim 

Manfaat lain dari daun kelor untuk wanita adalah pencegahan infeksi rahim. Antibakteri yang terdapat pada daun ini mampu melawan dan membunuh bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang menjadi penyebab endometritis atau infeksi rahim.

Namun sampai saat ini belum ada riset yang dapat memastikan efektivitas dan keamanan pemakaian daun kelor sebagai pengobatan infeksi rahim. Manfaat daun kelor yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Demikianlah beberapa manfaat daun kelor untuk wanita sebagai obat herbal. Dengan beragam khasiat seperti di atas, daun kelor sangat baik dikonsumsi oleh kaum wanita. Baca juga manfaat daun kelor untuk kecantikan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.