Demokrat Sebut Parpol Koalisi Indonesia Maju Sepakat Usung Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

JAKARTA - Partai Demokrat memastikan tidak akan mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024, meski diwacanakan berduet dengan putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep. 

Pasalnya, Demokrat menyebut partai politik yang tergabung di Koalisi Indonesia maju (KIM) sudah menyepakati nama mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk diusung sebagai calon gubernur Jakarta 2024. 

"Sampai saat ini, hanya satu nama yang menguat sebagai cagub Jakarta di KIM, hanya Kang Emil," ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, kepada wartawan, Jumat, 14 Juni. 

Kamhar menyatakan, Partai Demokrat berkomitmen untuk terus bersama KIM dalam pemilihan kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Pilkada Jakarta. 

"Kami mengikhtiarkan sebanyak mungkin yang linear di Koalisi Indonesia Maju, terutama untuk daerah-daerah yang menjadi etalase dan barometer politik nasional seperti pilkada Jakarta," katanya.

Soal sosok pendamping Ridwan Kamil, Kamhar menyebut belum ada kesepakatan. Namun, kata dia, Partai Demokrat sudah menyiapkan sejumlah nama yang diajukan kepada KIM.

"Ada Octavia Jayabaya, mantan Anggota DPR RI dan Bupati Lebak 2 periode. Mujiono Anggota DPRD DKI yang terpilih untuk periode ke-4 yang juga Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta dan Ali Muhammad Suharli Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta 2 periode," ungkapnya.