Honda Civic Terbaru Tawarkan Sistem Hybrid, Segini Harganya

JAKARTA - Honda memperluas jajaran model elektrifikasinya dengan meluncurkan Civic dengan opsi hybrid di pasar Amerika Serikat (AS) pada bulan Mei lalu.

“Honda telah membantu mendorong penjualan mobil hybrid-listrik di Amerika dan Honda Civic hybrid baru adalah tambahan yang kuat dan tepat waktu untuk jajaran produk listrik populer kami yang mencakup Accord hybrid, CR-V hybrid, dan Prologue yang serba listrik,” kata Vice President of Auto Sales American Honda Motor Co Lance Woelfer, dalam laman resmi merek, Jumat, 14 Juni.

Mobil tersebut dalam empat varian yang terdiri dari pilihan internal combustion engine (ICE) dan hybrid. Untuk dua varian awal ICE, seperti LX dan Sport, Civic terbaru ini dibanderol mulai dari 24.250 dolar AS hingga 26.250 dolar AS (setara Rp394,8 jutaan hingga Rp427,4 jutaan).

Kemudian untuk pilihan powertrain hybrid, yakni Sport Hybrid dan Sport Touring Hybrid, model ini dibanderol seharga 28.750 dolar AS sampai 31.750 dolar AS (setara Rp468,1 jutaan hingga Rp517 jutaan).

Civic 2025 memiliki tampilan yang disempurnakan dengan fasia depan dan grill terbaru. Sementara, lampu belakang dibuat lebih gelap demi menonjolkan kesan tajam dan agresif pada sedan ini.

Untuk versi hybrid, Civic terbaru ini mendapatkan hiasan warna berbeda pada lampu depan dan spoiler depan bagian bawah. Semua trim Sport tetap menampilkan trim gelap dan roda hitam 18 inci.

Sementara itu di bagian dalam, model ikonik ini memiliki tampilan interior warna abu-abu dengan moonroof, kursi depan berpemanas, dan pengatur suhu zona ganda sebagai standar. Selain itu, mobil ini akan mendapatkan sistem audio premium Bose 12-speaker dengan teknologi intuitif dari layar sentuh 9 inci yang dapat terhubung ke Apple CarPlay dan Android Auto.

Civic generasi kesebelas ini miliki fitur keselamatan dari Honda Sensing, terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation, Lane Keeping Assist System, Adaptive Cruise Control. Semua varian juga miliki sistem Blind Spot with Rear Cross Traffic Alert.

Pada varian hybrid, mobil ini dibekali dengan mesin 2,0 liter Atkinson-cycle 4-silinder dikombinasikan dengan motor listrik ganda, sehingga memproduksi tenaga 200 dk dan torsi 314 Nm, menjadikannya sebagai Civic non-Type R paling bertenaga yang pernah ada.

Sistem motor listrik ganda tersebut dapat memaksimalkan efisiensi tanpa mengurangi performa dan berkendara yang dinamis. Civic ini juga memiliki efisiensi BBM hingga 50 mpg atau sekitar 21,2 km/l. Selain itu, Civic hybrid baru memiliki empat tingkat deselerasi pengereman regeneratif yang tersedia melalui pedal pemilih di roda kemudi.

Pabrikan telah memulai masa pengiriman Civic 2025 mulai bulan ini, diikuti oleh versi hatchback yang akan dipasarkan pada musim panas ini.