Apple Andalkan Teknologi AI untuk Dorong Penjualan iPhone

JAKARTA - Konferensi pengembang Apple (WWDC) yang digelar pada  Senin 10 Juni tidak hanya tentang menyematkan teknologi kecerdasan buatan terbaru, termasuk dari ChatGPT, ke dalam perangkat lunaknya, tetapi juga tentang meningkatkan penjualan iPhone.

Menghadapi pengeluaran konsumen yang fluktuatif dan persaingan teknologi yang semakin ketat, Apple melihat AI sebagai cara untuk menghidupkan kembali basis penggemarnya yang loyal yang mencapai lebih dari 1 miliar pelanggan dan membalikkan penurunan penjualan produk utamanya.

Perangkat lunak AI ini membutuhkan setidaknya iPhone 15 Pro atau Pro Max untuk beroperasi, yang diperkirakan akan mendorong banyak pembelian baru, menurut beberapa analis. Beberapa memprediksi siklus pembaruan terbesar sejak rilis iPhone 12 pada tahun 2020, yang menarik konsumen sebagian besar karena konektivitas 5G.

"Apa yang kita lihat hari ini lebih menarik daripada apa pun yang kita lihat sejak itu," kata analis Gil Luria dari D.A. Davidson.

Saham Apple naik 3,3% ke rekor tertinggi pada perdagangan awal  Selasa, 11 Juni setelah sebelumnya turun hampir 2% pada  Senin.

Apple memamerkan apa yang disebutnya Apple Intelligence, versinya tentang AI generatif yang dapat menghasilkan teks, gambar, dan konten lainnya sesuai permintaan. Apple mendemonstrasikan bagaimana AI-nya dapat menghasilkan emoji khusus, kartun untuk dikirim ke teman, atau mengedit email agar terdengar lebih profesional. Asisten digitalnya, Siri, juga dapat meminta bantuan ChatGPT.

Beberapa analis bersikap skeptis, memprediksi bahwa konsumen tidak akan berbondong-bondong ke toko Apple untuk mendapatkan lebih banyak AI di ponsel mereka. "Mungkin ada cukup dalam perangkat Siri yang baru dan ditingkatkan untuk menahan beberapa pendapatan perangkat yang telah menurun akhir-akhir ini, tetapi tidak cukup untuk menciptakan kelompok pengikut baru," kata analis Forrester, Dipanjan Chatterjee.

"Investor jelas menginginkan strategi yang lebih komprehensif dan ambisius dari Apple dalam hal AI," kata Tejas Dessai dari Global X. Saham Apple sempat turun 2% setelah pengumuman tersebut.

UPGRADE KE AI

Fitur-fitur AI Apple tidak akan tersedia untuk semua iPhone. Perusahaan mengatakan pelanggan smartphone harus meng-upgrade ke iPhone 15 Pro atau Pro Max yang mulai dijual pada September 2023. AI ini, yang dibangun agar dapat memproses data secara pribadi di perangkat pengguna, bergantung pada chip di smartphone terbaru Apple.

Menurut analis Wedbush Securities, Dan Ives, hal ini merupakan peluang besar. Ia memperkirakan sekitar 270 juta iPhone belum diperbarui dalam empat tahun terakhir. "Kami memperkirakan lebih dari 15% dari basis terpasang Apple akan meng-upgrade ke iPhone 16 karena Apple Intelligence adalah aplikasi unggulan yang banyak orang tunggu-tunggu," kata Ives.

Rilis iPhone 16 diharapkan pada musim gugur ini. Gene Munster, mitra pengelola di Deepwater Asset Management, mengatakan integrasi Apple yang mudah digunakan dengan ChatGPT adalah nilai tambah lain. "Mereka benar-benar menghilangkan hambatan dalam menggunakan AI," katanya.

Pendapatan iPhone Apple untuk tahun fiskal yang berakhir pada September 2023 adalah  200,6 miliar ddolar AS, turun dari  205,5 miliar dolar AS tahun sebelumnya, menurut laporan tahunan terbaru perusahaan tersebut.

Namun, AI hanyalah bagian dari daya tarik Apple bagi konsumen. Mereka mungkin lebih menginginkan layar iPhone yang lebih besar atau kamera yang lebih baik, tetapi pembaruan AI akan menarik bagi pengguna awal dan menonjol karena kemampuannya untuk mengambil tindakan di dalam dan di seluruh aplikasi. "Bagian tindakan itu akan membuat Apple menjadi pemimpin langsung dalam AI konsumen," kata , kata Martin Yang dari Oppenheimer & Co.