Hindari Minum Kopi Pagi Hari Kalau Mengonsumsi Obat Anti Radang atau Pereda Nyeri

YOGYAKARTA – Jika Anda memiliki kebiasaan minum kopi pagi hari, cobalah pikirkan kembali terutama ketika bersamaan harus minum resep obat anti radang atau pereda nyeri. Seperti ketika harus minum ibuprofen, tanpa disadari dapat memperbesar efek obat tersebut jika dibarengi dengan minum kopi.

Meskipun minum obat pereda nyeri dan anti radang tidak setiap hari, tetapi penting sekali diketahui. Bahwa ketika minum obat tertentu, baiknya mengambil jeda atau mengubah kebiasaan Anda minum minuman berkafein, seperti kopi. Kopi adalah minuman stimulan karena mengandung kafein. Kafein sebanyak 400 miligram per hari, masih dianggap aman. Tetapi kopi dapat berinteraksi dengan banyak obat dengan memengaruhi cara obat diserap, didistribusikan, diproses, dan dikeluarkan oleh tubuh.

Ilustrasi hindari minum kopi pagi hari kalau mengonsumsi obat pereda nyeri (Freepik)

Kafein dalam kopi dapat meningkatkan efektivitas obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. Misalnya asetaminofen dan obat pereda nyeri antiradang, termasuk aspirin dan ibuprofen. Namun untuk obat penting lainnya, kopi dapat menyebabkan interaksi yang menurunkan potensinya. Melansir Harvard Health, Rabu, 12 Juni, kopi dapat menurunkan penyerapan obat dengan membuat isi lambung lebih asam. Kafein penyebab utama dalam sebagian besar bentrokan obat, jelas Lina Matta, direktur apotek rawat jalan di Rumah Sakit Brigham.

"Kafein dapat memengaruhi semua fase perjalanan obat melalui tubuh, tetapi karena alasan yang berbeda. Itu tergantung pada obatnya," jeras Matta.

Namun perlu diketahui, kopi bukan satu-satunya minuman berkafein. Selain kopi, teh hitam dan teh hijau mengandung 60 hingga 100 miligram kafein dalam 16 ons.

Ditambah lagi, cokelat mengandung 10 miligram kafei dalam setiap ons varietas manis dan 58 miligram per ons dalam versi panggang tanpa pemanis. Hindari pula minum minuman bersoda, minuman berenergi, permen, dan makanan ringan yang mengandung kafein bersamaan dengan harus minum obat pereda nyeri.

Di samping menghindari minum kopi pagi saat mengonsumsi obat pereda nyeri dan anti radang, penting tidak minum kopi saat minum obat pilek atau alergi, minum obat antidepresan, minum obat tekanan darah tinggi, obat asma, obat mencegah atau mengobati osteoporosis, suplemen zat besi untuk penderita anemia, dan obat mengatasi masalah tiroid.