Apa Itu Metode Tidur Skandinavia? Ini Pengertian, Cara Agar Nyenyak, hingga Manfaatnya

YOGYAKARTA – Mengetahui apa itu metode tidur Skandinavia bisa jadi jalan keluar bagi Anda yang memiliki gangguan tidur saat malam hari. Metode ini secara garis besar menekankan pada cara tidur yang otonom pada setiap orang. Metode ini membantu mengurangi efek kurang tidur pada seseorang.

Apa Itu Metode Tidur Skandinavia?

Metode tidur Skandinavia adalah cara tidur yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di negara Nordik seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia. Diketahui negara tersebut memiliki suhu udara yang cukup dingin sehingga keberadaan selimut cukup penting.

Metode ini banyak direkomendasikan untuk pasangan yang tidur di satu ranjang namun salah satunya kerap terganggu karena pasangannya “mencuri” selimut sehingga kualitas tidur jadi terganggu karena udara dingin.

Tidur Skandinavia memungkinkan Anda bisa meringkuk di bawah selimut sambil berpelukan dengan pasangan serta terhindar dari gangguan tidur akibat suhu udara yang dingin.

Metode tidur Skandinavia dilakukan dengan cara menggunakan dua selimut untuk masing-masing pasangan yang ukurannya disesuaikan dengan badan. Metode tidur ini cocok digunakan dengan ranjang ukurang king sehingga Anda atau pasangan lebih leluasa tidur tanpa kehilangan selimut.

Manfaat Tidur Skandinavia

Tidur Skandinavia secara umum bermanfaat untuk meminimalisir gangguan yang terjadi sehingga suhu dingin tak berdampak pada kualitas tidur. Berikut ini manfaat menerapkan tidur metode Skandinavia.

  1. Tak Perlu Berebut Selimut

Manfaat yang paling besar saat menerapkan metode Skandinavia adalah Anda dan pasangan tak perlu berebut selimut di tengah malam. Perebutuan ini terasa sangat menyebalkan terlebih saat tubuh Anda benar-benar lelah dan butuh tidur.

  1. Penyesuaian Suhu yang Lebih Mudah

Harus diketahui bahwa suhu tidur yang terperangkap dalam selimut tiap orang berbeda tergantung kebutuhan. Saat Anda dan pasangan menggunakan satu selimut yang sama, suhu yang terjebak di selimut akan lebih panas karena dihasilkan dari dua tubuh yang berbeda.

  1. Tidur Lebih Otonom

Jika Anda adalah tipe orang yang saat tidur tetap tenang sedangkan pasangan justru sebaliknya, maka metode tidur Skandinavia sangat cocok diterapkan. Tidur tidak mudah terganggu meski pasangan Anda bergerak menjauh dari Anda.

  1. Tidak Mengganggu Tidur Pasangan

Mungkin pasangan Anda mengeluhkan gerakan tidur yang sering Anda lakukan tanpa sadar. Gerakan itu memang cukup mengganggu hingga membuat mereka tak bisa tenang. Dengan metode ini, Anda tak perlu khawatir dengan gerakan yang terjadi selama tidur.

  1. Bisa Memilih Jenis Selimut Sesuai Keinginan

Karena metode tidur Skandinavia menggunakan dua selimut yang berbeda, Anda maupun pasangan bisa memilih selimut sesuai keinginan. Mungkin pasangan lebih suka selimut yang tebal, sedankan Anda lebih suka selimut yang tidak terlalu tebal.

Selain terkait apa itu metode tidur Skandinavia, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.