Khusus Seri iPhone 15, Apple Beri Pembaruan Keamanan Minimal Lima Tahun

JAKARTA – Saat ini, ada banyak ponsel Android yang menjanjikan durasi pembaruan keamanan, tetapi tidak dengan Apple. Sejak awal, perusahaan tersebut tidak pernah memberikan jaminan minimum untuk pembaruan.

Namun, sekarang terungkap bahwa Apple akan memberikan pembaruan keamanan selama lima tahun. Durasi pembaruan ini ditetapkan setelah Inggris mewajibkan perusahaan untuk mematuhi Undang-Undang Keamanan Produk dan Infrastruktur Telekomunikasi (PSTI).

PSTI merupakan undang-undang yang baru disahkan pada April lalu. Inggris sengaja membuat undang-undang ini agar perusahaan memenuhi standar keamanan yang ditetapkan, sekaligus menentukan jangka waktu minimum untuk pembaruan keamanan.

Maka dari itu, Apple menetapkan pembaruan keamanan minimal lima tahun bagi ponsel yang dirilis pada September tahun lalu. Artinya, durasi pembaruan keamanan ini hanya berlaku untuk seri iPhone 15 dan ponsel yang akan diluncurkan di masa depan.

Durasi pembaruan keamanan ini jauh lebih sedikit dari yang ditetapkan Samsung dan Google. Sejak akhir tahun lalu, kedua perusahaan teknologi ini telah menetapkan pembaruan keamanan sistem hingga tujuh tahun.

Perlu diingat bahwa durasi pembaruan keamanan yang ditetapkan Apple merupakan durasi minimum. Ada kemungkinan Apple akan memberikan pembaruan keamanan lebih dari lima tahun atau bahkan lebih dari yang ditetapkan Samsung dan Google.

Seperti yang terjadi pada tahun 2022, Apple tiba-tiba memberikan pembaruan keamanan ke iPhone 5s dan iPhone 6 untuk mengurangi kerentanan ponsel. Padahal, kedua ponsel tersebut sudah hampir berusia 10 tahun saat mendapatkan pembaruan keamanan.