Onsemi Luncurkan Chip Hemat Energi untuk Pusat Data AI

JAKARTA - Onsemi  pada  Rabu 5 Juni, meluncurkan rangkaian chip yang dirancang untuk membuat pusat data yang mendukung layanan kecerdasan buatan lebih hemat energi dengan memanfaatkan teknologi yang sudah mereka jual untuk kendaraan listrik.

Onsemi adalah salah satu dari sedikit pemasok chip yang terbuat dari silikon karbida, alternatif silikon standar yang lebih mahal untuk diproduksi tetapi lebih efisien dalam hal mengonversi daya dari satu bentuk ke bentuk lain. Dalam beberapa tahun terakhir, silikon karbida telah banyak digunakan dalam kendaraan listrik, di mana mengganti chip antara baterai dan motor kendaraan dapat meningkatkan jangkauan mobil.

Simon Keeton, presiden kelompok solusi daya di Onsemi, mengatakan bahwa dalam pusat data tipikal, listrik dikonversi setidaknya empat kali dari saat memasuki gedung hingga akhirnya digunakan oleh chip untuk bekerja. "Selama proses konversi tersebut, sekitar 12% listrik hilang sebagai panas," kata Keeton.

"Perusahaan yang menggunakan ini - Amazon, Google, dan Microsoft - mendapatkan penalti ganda untuk kerugian ini," kata Keeton. "Pertama, mereka membayar untuk listrik yang hilang sebagai panas. Kemudian, karena hilang sebagai panas, mereka juga membayar untuk listrik untuk mendinginkan pusat data," tambah Keeton.

Onsemi percaya mereka dapat mengurangi kerugian daya tersebut hingga satu poin persentase penuh. Meskipun satu poin persentase mungkin terdengar kecil, perkiraan konsumsi daya pusat data AI sangat besar, dengan beberapa kelompok memperkirakan hingga 1.000 terawatt jam dalam waktu kurang dari dua tahun.

Satu persen dari total tersebut, menurut Keeton, cukup untuk menyediakan daya bagi satu juta rumah selama setahun. Jadi itu memberikan konteks tentang bagaimana berpikir tentang tingkat daya.