Simak Tips dari Pakar Keamanan untuk Tetap Aman Saat Online

JAKARTA - Statistik ancaman siber terbaru oleh Kaspersky untuk Indonesia, menunjukkan penurunan ancaman lokal di kuartal pertama 2024 sebanyak 5.863.955 deteksi. Turun 23,37 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Dengan tingkat penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 79,5 persen, hal ini berarti semakin banyak data berharga yang menarik para pelaku kejahatan siber,” tambah Koesmandarin, Enterprise Group Manager untuk Indonesia di Kaspersky. 

Untuk itu, Dony menghimbau seluruh individu dan organisasi di Indonesia untuk mewaspadai kemungkinan upaya siber lainnya yang mungkin lebih canggih atau bahkan lebih sederhana dari ini.

Berikut beberapa tips dari pakar Kaspersky bagi pengguna online untuk:

  • Periksa setiap link dengan cermat sebelum mengunjungi suatu situs, terutama untuk mengetahui adanya kesalahan ejaan atau penyimpangan lainnya.
  • Jangan mempercayai email dari pengirim yang tidak dikenal sampai Anda dapat memverifikasi keasliannya.
  • Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak tepercaya, meskipun aplikasi tersebut diiklankan secara aktif, dan memblokir instalasi program dari sumber yang tidak dikenal di pengaturan ponsel cerdas Anda
  • Jangan berikan izin aksesibilitas pada aplikasi apa pun yang memintanya - hanya sedikit program yang benar-benar memerlukan izin untuk melakukan hal ini.
  • Gunakan koneksi yang aman, terutama saat Anda mengunjungi situs web sensitif. Untuk perlindungan maksimal, gunakan solusi VPN yang mengenkripsi lalu lintas Anda. Ingatlah selalu: jika Anda menggunakan koneksi yang tidak aman, penjahat dunia maya dapat secara diam-diam mengarahkan Anda ke halaman phishing.
  • Selalu jalankan sistem dengan program anti malware terbaru dan berkualitas untuk membantu menyelesaikan sebagian besar masalah secara otomatis dan mengingatkan Anda ketika ada ancaman.