5 Alasan Kenapa Anjing Menggaruk Tanah atau Lantai di Rumah

YOGYAKARTA – Memiliki hewan peliharaan di rumah, tentu banyak tingkah mereka yang tidak dipahami. Salah satunya, ketika anjing menggaruk tanah atau lantai. Bukan tanpa alasan, aktivitas yang tak biasa ini sebenarnya alamiah. Kalau hewan peliharaan ini sering menggaruk tanah atau lantai di rumah, ini penyebabnya.

1. Naluri predator

Seperti menggonggong atau mengendus, anjing menggaruk tanah hingga berbentuk lubang, terdorong naluri predatornya. Bahkan anjing rumahan pun, mereka memiliki kebiasaan ini. Saat anjing Anda menjelajahi halaman, mereka mungkin mendengar dan mencium bau binatang di bawah tanah. Anjing dengan dorongan memangsa yang tinggi, terutama ras terrier, mungkin akan menggali di halaman untuk mencoba menangkap makhluk yang mereka dengar dan cium.

Ilustrasi alasan kenapa anjing menggaruk tanah atau lantai di rumah (Freepik/Seidl AI Agency)

2. Menyimpan makanan dan benda

Masih karena dorongan naluriah, beberapa anjing mungkin menggaruk dan menggali tanah untuk menyimpan barang-barang berharga mereka. Seperti makanan, tulang, atau bahkan mainan. Mereka melakukan ini untuk menyembunyikan sesuatu supaya aman.

3. Pengaturan suhu

Jika cuaca sedang hangat, atau matahari sedang terik-teriknya, anjing mungkin akan menggali tanah. Tujuannya untuk mendapatkan tanah yang lebih sejuk dan beristirahat di sana. Seperti anjing ras Nordik, yaitu Malamute, Huskies, dan Elkhound. Melansir The Spruce Pets, Rabu, 5 Juni, ras ini cenderung menggali tanah untuk menghindari panas.

4. Stres dan cemas

Ada perilaku tertentu yang ditunjukkan anjing saat mereka sedang stres atau cemas. Jika seekor anjing yang stres didorong melewati ambang batas tertentu, mungkin menjadi sangat cemas sehingga ia mulai menggali dengan panik dalam upaya melarikan diri dari apapun yang membuat mereka ketakutan. Hal ini dapat terjadi meskipun ancaman yang mereka rasakan bukanlah ancaman nyata.

5. Merasa bosan

Selain karena alasan-alasan di atas, anjing yang merasa bosan mungkin melakukan kegiatan untuk atasi kebosanan, yaitu dengan menggaruk tanah atau lantai di rumah. Perilaku ini bisa semakin parah apabila anjing tidak terstimulasi secara mental atau olahraga yang cukup.

Ada pula alasan kenapa anjing menggaruk tanah atau lantai di rumah di samping yang telah disebutkan di atas. Yaitu bisa karena sedang mencari perhatian, menandai wilayah, mencari kenyamanan untuk tidur, dan mencari kesenangan.