Menteri Basuki Sebut Jalan Tol di IKN Bakal Pakai Teknologi Canggih Finlandia

JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal menggandeng Finlandia untuk melakukan pengembangan teknologi sistem smart city jalan tol di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan potensi kerja sama tersebut telah dibahas dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia, Ville Tavio, di Bali Nusa Dua Convention Center, pada Rabu, 22 Mei 2024.

Adapun salah satu teknologi yang akan diimplementasikan adalah smart intelligent sign untuk jalan tol Balikpapan-IKN.

"Kami akan melakukan pilot project untuk sistem jalan tol ini di Tol Balikpapan-IKN. Kalau setelah itu hasilnya bagus, kami bisa tingkatkan implementasinya," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis, 23 Mei 2024.

Basuki menambahkan pihaknya juga berencana untuk mengimplementasikan smart system di IKN. Kementerian PUPR juga mempertimbangkan advis smart building system dari Finlandia.

"IKN didesain untuk masa depan. Karena itu, kami akan menggunakan smart system. Kami butuh advis dari Finlandia karena memiliki teknologi yang tinggi. Jika Finlandia bisa, saya yakin Indonesia juga bisa," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Kerja Sama Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia, Ville Tavio, mengatakan pertemuan yang telah dilakukan kemarin diharapkan mampu mempererat kolaborasi kerja sama antara Indonesia dan Finlandia ke depan.

"Saya harap melalui pertemuan ini, kami bisa mempererat kolaborasi di masa depan," imbuhnya.