Jenis Ikan yang Aman dan Menyehatkan untuk Dikonsumsi bagi Usia 40 Tahun ke Atas

YOGYAKARTA - Ketika menginjak usia 40 tahun, menambahkan beberapa bahan ikan ke dalam menu makanan bisa membantu meningkatkan Kesehatan dan kebugaran tubuh. Lantas, apa saja sih refrensi jenis ikan untuk usia 40 tahun ke atas? Yuk kita bahas!

Pasalnya, ikan bukan hanya sumber protein yang menyehatkan yang rendah kalori dan lemak, namun juga mengandung banyak asam lemak omega 3.

Dilansir dari Healthline, lemak esensial yang tak diproduksi oleh tubuh itu dapat membantu mengurangi risiko penyakit stroke dan jantung.

Asam lemak omega 3 pula berguna mengurangi tekanan darah, kolesterol jahat serta trigliserida, dan kurangi peradangan. Penelitian pula menunjukkan, ikan terutama kandungan omega 3 juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan otak.

Tetapi, sebelum meningkatkan ikan ke dalam makanan, penting buat menentukan jenis ikan terbaik buat mendukung kesehatan secara keseluruhan di umur 40 tahunan.

Jenis Ikan Untuk Usia 40 Tahun ke Atas

Pakar diet serta pakar gizi terdaftar dari Dish on Fish, Rima Kleiner berkata, ikan berlemak merupakan tipe ikan terbaik buat kesehatan, termasuk untuk orang-orang berumur 40 tahun ke atas. Ikan berlemak ataupun fatty fish memiliki asam lemak nyaris di seluruh jaringan tubuh serta rongga perutnya.

Berkat isi minyak yang tinggi, tipe ikan ini biasanya mempunyai daging dengan warna lebih hitam ataupun merah, semacam salmon, makerel, sarden, serta tuna. Perihal tersebut berbeda dengan ikan berdaging putih yang juga memiliki asam lemak, namun cuma ada dalam liver serta berjumlah lebih sedikit.

"Omega 3 dalam salmon membantu tingkatkan fungsi kardiovaskular, kesehatan otak, serta kognitif, dan kurangi infeksi serta tingkatkan imunitas tubuh," ujar Kleiner kepada laman She Finds, Selasa (12/3/2024).

Di samping lemak sehat, tipe ikan berlemak pula memiliki vitamin D serta vitamin B2 dalam jumlah melimpah. Vitamin D membantu badan meresap dan melindungi kalsium serta fosfor yang berfungsi penting dalam kesehatan tulang. Sedangkan itu, vit B2 menolong kurangi tekanan pikiran oksidatif serta peradangan saraf buat menolong menanggulangi sakit kepala sebelah. Berikut opsi ikan berlemak yang dapat dikonsumsi orang berumur 40 tahun ke atas:

I. Ikan Sarden

Dilansir dari halaman BBC Good Food, sarden merupakan ikan berlemak yang mempunyai cita rasa fresh dengan daging lembut. Bukan cuma ikan segar, sarden pula kaya akan asam lemak omega 3 walaupun dalam wujud beku ataupun kalengan. Apalagi, satu kaleng sarden menyediakan sekitar 2,7 gr omega 3 yang sesuai buat penuhi kebutuhan harian badan.

II. Ikan Kembung

Ikan kembung merupakan ikan berlemak lokal yang menawarkan banyak asam lemak omega 3 yang baik buat kesehatan jantung. Tidak kalah dari salmon, ikan kembung dengan berat bisa dimakan 100 gr menawarkan 2,6 gr omega 3. Salah satu tipe ikan makerel ini memiliki 21,4 gr protein serta 0,9 gr zat besi buat menolong mencegah anemia akibat kekurangan besi.

Dibanding salmon, isi kolesterol ikan ini relatif lebih rendah, sekitar 2,3 gr lemak serta 33 mg kolesterol, sehingga sesuai disantap orang berumur 40 tahun ke atas.

III. Ikan Salmon

Dilansir dari halaman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), salmon merupakan ikan berlemak paling terkenal dengan karakteristik khas daging bercorak oranye terang. Ikan salmon dengan berat bagian yang bisa dimakan 100 gr memiliki sekitar 1,4 gr asam lemak omega 3.

Protein serta mineral zat besi dalam bahan pangan ini pula melimpah, masing-masing 19,9 gr protein serta 0,77 gr zat besi. Dari segi lemak serta kolesterol, salmon menyimpan sekitar 3,45 gr lemak dan 52 mg kolesterol per 100 gramnya.

IV. Ikan Trout

Ikan trout merupakan ikan berlemak yang masih bagian dari keluarga salmon. Seperti sepupunya, ikan ini ialah sumber omega 3 yang baik dikonsumsi saat menginjak kepala empat. Potongan trout berbobot sekitar 100 gr memiliki 1,7 gr omega 3, sebaliknya 130 gramnya menyediakan lebih dari 2 gr asam lemak yang sama.

Ikan ini pula kaya akan protein dan beberapa mineral serta vit yang membantu memperlancar kinerja tubuh. Dengan rasa daging yang gurih, ikan trout bisa diolah dengan metode dipanggang, dikukus, ataupun juga dibakar.

V. Ikan Tuna

Ikan tuna yang banyak ditemui di perairan Indonesia ikut masuk dalam catatan ikan berlemak yang baik disantap orang berumur 40 tahun ke atas. Masih dari halaman KKP, potongan tuna tanpa tulang dengan berat 100 gr memiliki sekitar 2,1 gr omega 3. Ikan tuna dengan berat yang sama pula sediakan protein dalam jumlah melimpah, yaitu sekitar 23,7 persen.

Tidak hanya omega 3 serta protein, tipe ikan ini dilengkapi kalium, vit B, dan selenium. Sederet nutrisi tersebut berperan dalam membetulkan sistem imun tubuh, metabolisme, sampai fungsi kognitif otak.

Demi memetik khasiat ikan yang maksimal buat kesehatan orang berumur 40 tahun ke atas, tidak hanya memilah tipe ikan yang pas, perhatikan pula metode memasaknya supaya nutrisinya senantiasa terpelihara. Hindari ikan yang digoreng. Pilih ikan yang dikukus ataupun dipanggang.

Selain itu baca juga: “Pola Makan untuk Usia 40 Tahun” untuk menambah refrensi.

Jadi setelah mengetahui jenis ikan untuk usia 40 tahun ke atas, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!