Apakah Acne Patch Bisa Untuk Jerawat Batu? Berikut Penjelasan Beserta Perbedaan Dengan Jerawat Biasa

YOGYAKARTA - Tak jarang irang yang memakai acne patch alias pimple patch untuk menangani jerawat mereka. Setiker kecil yang mirip perban ini diklaim ampuh mengeringkan jerawat, mempercepat pengobatan jerawat, dan bisa menutupinya. Namun apakah acne patch bisa untuk jerawat batu? Yuk kita bahas di isni! Simak sampai selesai, ya!

Mengenal Jerawat Batu

Jerawat batu merupakan wujud jerawat yang sangat parah. Jerawat ini mempunyai ukuran yang lebih besar, kemerahan, berisi nanah, serta memunculkan perih. Jerawat tipe ini membutuhkan penindakan oleh dokter.

Jerawat batu ataupun biasa disebut selaku jerawat kistik (cystic acne). Pasalnya, jerawat ini tercipta pada saat kuman menginfeksi kulit lebih dalam sehingga memunculkan keadaan yang lebih parah dari jerawat biasa. Bila tidak ditangani dengan tepat, jerawat batu bisa menyebar ke kulit di sekitarnya serta umumnya meninggalkan sisa luka jerawat.

Beda Jerawat Batu Dengan Jerawat Biasa

Sesungguhnya tidak susah buat membedakan antara jerawat biasa serta jerawat batu. Nah, berikut perbedaan di antara keduanya:

I. Ukuran

Jerawat biasa ukurannya relatif kecil bila kalian bandingkan dengan jerawat batu. Pada jerawat batu, dimensi jerawat lebih besar, berwarna merah, serta terasa perih akibat kulit meradang.

Itulah kenapa tipe ini pula mendapat julukan jerawat matang. Sedangkan jada jerawat biasa, dapat nampak memerah juga. Tetapi, itu biasanya tidak menimbulkan rasa perih.

II. Penyebab

Pemicu jerawat batu serta jerawat biasa sesungguhnya sama. Keduanya dapat terjadi akibat bakteri, minyak, serta sel kulit mati terperangkap di dalam pori-pori. Tetapi, keadaan jerawat batu lebih parah daripada jerawat biasa. Tipe ini umumnya berlangsung pada orang dengan jenis kulit berminyak.

Permasalahan kulit ini pula rentan terjadi pada anak muda, perempuan, dan orang paruh baya yang mempunyai ketidakseimbangan hormon di badannya.

III. Penyembuhan

Kedua tipe jerawat ini berbeda masa pengobatannya. Jerawat biasa wajarnya terbilang cepat, bisa jadi cuma beberapa hari hingga satu pekan saja. Penyembuhannya juga tidak begitu susah serta umumnya dapat hilang dengan memakai obat jerawat tanpa resep.

Sebaliknya jerawat batu timbul dari susunan kulit yang lebih dalam, sehingga penyembuhannya memerlukan waktu yang lebih lama, bisa jadi hingga beberapa pekan.

Sebab terbentuk di lapisan kulit yang lebih dalam, terkadang penyembuhan dengan krim ataupun bahan-bahan tanpa resep tidak begitu efisien buat jerawat matang.

Tidak hanya memerlukan waktu pengobatan yang lebih lama, permasalahan kulit ini pula berisiko memunculkan bekas. Itu sebabnya, jauhi memencet mencet jerawat yang dapat membuatnya semakin meradang hingga memunculkan infeksi.

Apakah Acne Patch Bisa Untuk Jerawat Batu

Walaupun efek pada masing-masing orang bisa jadi dapat berbeda-beda, tetapi acne patch terbaik dalam meredakan jerawat dengan kilat. Tempelan kecil ini dapat memacu pengobatan jerawat, apalagi dalam beberapa permasalahan, mencegah jerawat supaya tidak timbul sama sekali.

Perihal itu sebab acne patch menolong kulit menyerap bahan-bahan anti jerawat serta lesi bakal merata, sehingga dapat sembuh dalam waktu yang lebih singkat.

Pimple patch hidrokoloid bekerja sangat baik buat jerawat yang sudah terbentuk, terutama komedo putih, sebab bakal menarik keluar serta menyerap nanah, minyak, serta lain-lain.

Sebaliknya pimple patch hidrokoloid dengan bahan pelawan jerawat, semacam asam salisilat bekerja sangat baik buat jerawat yang baru timbul. Tetapi, acne patch ataupun pimple patch bisa jadi tidak efisien buat menanggulangi jerawat yang lebih parah, semacam jerawat batu. Alasannya seperti yangsudah di bahas diatas, penyembuhan dengan krim ataupun bahan-bahan tanpa resep tidak begitu efisien buat jerawat matang.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

1. Obat Antibiotik

Obat antibiotik buat jerawat mempunyai kedudukan utama buat menanggulangi peradangan serta infeksi. Tetapi, aturan pakai serta dosis obat wajib sesuai dengan anjuran dari dokter sehingga tidak meningkatkan resiko efek samping yang serius.

2. Krim Khusus Jerawat

Tidak hanya itu, dokter pula dapat meresepkan salep ataupun krim selaku metode menyingkirkan jerawat batu yang efisien. Semacam halnya obat, kalian wajib memakai krim jerawat ini sesuai dengan anjuran sehingga hasilnya lebih maksimal.

3. Isotretinoin

Isotretinoin merupakan obat yang termasuk dalam kalangan retinoid yang dibuat dari sintesis vit A. Obat ini mempunyai 2 pilihan sediaan, yakni wujud gel ataupun kapsul dengan dosis cuma satu ataupun 2 kali dalam sehari sesuai resep dokter.

Metode mengempeskan jerawat batu memakai isotretinoin terbilang efisien sebab dapat menolong meringankan infeksi jerawat yang parah. Namun, wanita hamil tidak boleh memakai obat ini sebab tingkatkan resiko cacat lahir pada bayi.

Selain itu untuk menambah wawasan “Ketahui 7 Tipe Jerawat dan Cara untuk Mengatasinya”.

Jadi setelah mengetahui apakah acne patch bisa untuk jerawat batu, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!