Changpeng Zhao, Ingin Menulis Selama Masa Hukuman Penjara Empat Bulan

JAKARTA - Mantan CEO bursa kripto Binance, Changpeng “CZ” Zhao, menyatakan bahwa ia berencana untuk "menulis sesuatu" selama masa hukuman penjaranya yang akan datang selama empat bulan.

Pada sidang 30 April, Hakim Richard Jones menjatuhkan hukuman penjara empat bulan kepada Zhao. Mantan CEO Binance tersebut mengaku bersalah atas satu dakwaan tindak pidana karena gagal menjaga program Anti-Pencucian Uang yang efektif di bursa tersebut. Zhao diharapkan melapor ke Kamp di Federal Correctional Institution Sheridan di Oregon atau Federal Detention Center SeaTac di Washington pada tanggal yang belum ditentukan.

Sebelum dan setelah sidang, CZ tetap aktif di media sosial, mengisyaratkan rencananya di platform X. Mantan CEO Binance tersebut meluncurkan program pendidikan kripto dan blockchain yang berfokus pada pemuda bernama Giggle Academy. Ia juga meminta saran kepada 8,9 juta pengikutnya di X tentang cara menghabiskan waktu di penjara.

Zhao menyarankan bahwa dia tidak punya banyak hal lain untuk dilakukan selain membaca buku dan menunggu sampai tanggal pelaporannya. Dia mengaku bersalah atas dakwaan tersebut pada November 2023 dan diizinkan tetap di luar penjara serta bepergian di wilayah Amerika Serikat dengan jaminan 175 juta dolar AS (Rp2,7 triliun). Dia kemungkinan akan tetap bebas sampai Kantor Probation atau Pretrial Services memberi tahu tim hukumnya di mana dan kapan dia harus melapor.

Dengan perkiraan kekayaan bersih sebesar 33 miliar dolar AS (Rp526,8 triliun), CZ akan menjadi salah satu individu terkaya yang pernah masuk penjara. Sebelum dijatuhi hukuman, pengacara Zhao mengajukan deklarasi dari para ahli yang menyarankan bahwa kekayaan dan statusnya bisa menimbulkan risiko pencurian dan pemerasan.

Faktor-faktor ini mungkin telah berkontribusi pada keputusan Jones yang tidak segera memerintahkan CZ masuk penjara. Biro Penjara Federal mungkin mempertimbangkan fasilitas mana yang dapat memberikan risiko fisik paling sedikit kepada Zhao selama masa penahanannya yang selama empat bulan — baik FDC SeaTac maupun FCI Sheridan menampung pelanggar kekerasan.

"Setelah penjatuhan hukuman, laporan praperadilan digunakan oleh Biro Penjara untuk menetapkan lembaga yang sesuai bagi pelanggar untuk menjalani hukuman mereka, memilih program penjara untuk membantu pelanggar, dan mengembangkan rencana kasus untuk penahanan dan pembebasan mereka kelak," demikian pernyataan Kantor Probation atau Pretrial Services di situs web Distrik Barat Washington.

Zhao telah membayar denda sebesar 50 juta dolar AS (Rp798,2 miliar) sebagai bagian dari kesepakatan antara Binance dan otoritas AS pada bulan November. Bursa kripto tersebut setuju untuk membayar 4,3 miliar dolar AS (Rp68,6 triliun) untuk menyelesaikan "tindakan penegakan peraturan sipil," tetapi masalah tersebut belum menyelesaikan gugatan yang diajukan oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS.