SUV Baru Xiaomi Siap Meluncur 2025, Siap Tantang Tesla Model Y

JAKARTA - Xiaomi, produsen mobil listrik dan raksasa teknologi asal China, dikabarkan akan memproduksi dan menjual model Sport Utility Vehicle (SUV) yang mirip dengan Tesla Model Y pada tahun 2025.

Mengutip laman CNevpost, Rabu, 15 Mei, berdasarkan laporan dari Bloomberg, selama pengembangan SUV ini, Xiaomi membandingkannya dengan model Tesla, menurut sumber yang mengetahui langkah besar perusahaan tersebut.

Sebenarnya, kabar mengenai rencana Xiaomi menghadirkan SUV bukanlah hal baru. Banyak berita telah beredar tentang model ini. Namun, Xiaomi terlebih dahulu meluncurkan versi sedan bernama SU7 pada 28 Maret lalu.

Menurut laporan tersebut, produksi SUV Xiaomi akan dimulai ketika tahap kedua pabrik perakitan mereka selesai, atau paling cepat pada akhir tahun 2025.

Pabrik Xiaomi berlokasi di Yizhuang, Beijing, dengan kapasitas tahunan yang direncanakan sebesar 300.000 unit. Pabrik ini akan dibangun dalam dua tahap, masing-masing dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 150.000 unit.

Tahap pertama pabrik ini telah selesai pada Juni 2023, mencakup area seluas sekitar 720.000 meter persegi dan memiliki kapasitas tahunan sebesar 150.000 kendaraan. Tahap kedua dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024 dan diharapkan selesai pada tahun 2025.

Kehadiran SUV dari Xiaomi ini tentunya akan membantu merek asal China tersebut memperluas kehadirannya di pasar mainstream, mengingat berbagai pabrikan terus berlomba untuk menciptakan inovasi baru di segmen SUV listrik.